Pemkot Jaksel Gelar Lebaran Betawi 2018 Akhir Pekan Ini

Jakarta, MINA – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan berbagai persiapan untuk memeriahkan 2018, yang akan berlangsung di kawasan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada 27-29 Juli 2018.

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Marullah Matali mengatakan, berbagai persiapan yang dilakukan antara lain menata rumah Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan dan panggung hiburan yang dilakukan oleh Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Kebudayaan, penerangan yang dilakukan Sudin Perindutrian dan Energi, penyediaan ambulans dan petugas medis dari Sudin Kesehatan.

Kemudian, Pemkot Jaksel juga akan mengerahkan keamanan yang diambil dari Satpol PP Kota, Kecamatan hingga Kelurahan, serta menyediakan tempat/truk sampah dan regu comot dari Sudin Lingkungan Hidup.

Baca Juga:  Indonesia Tantang Guinea di Playoff Olimpiade 2024

“Pada Lebaran Betawi nanti, berbagai kebudayaan Betawi akan ditampilkan seperti tari Betawi, tanjidor, gambang kromong, keroncong Jakarta, wayang kulit Betawi, ondel-ondel, lenong Betawi, palang pintu, tari topeng, berbagai permainan tradisional Betawi hingga layar tancap,” ujarnya, Rabu (25/7).

Untuk acara puncaknya, lanjut Marullah, para wali kota nantinya akan memberikan hantaran makanan kepada DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Nanti kami para wali kota akan memberikan hantaran kepada Pak Gubernur berupa Pecak Gurame, Gabus Pucung serta Dodol Betawi khas Pasar Minggu. ini merupakan tradisi Betawi yang ingin dilestarikan,” tuturnya.

Marullah menambahkan, digelarnya Lebaran Betawi di wilayah Jakarta Selatan telah menjadi kebijakan Pemerintah DKI Jakarta, yang menyatakan bahwa setiap tahunnya Lebaran Betawi akan digelar di PBB Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Baca Juga:  Pesantren Nuu Waar AFKN Asah Santri Miliki Kemampuan Public Speaking

“Lebaran Betawi akan digelar selama tiga hari, dari tanggal 27 sampai 29 Juli 2018,” pungkasnya. (L/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.