Ribuan Warga Meriahkan Lebaran Betawi di Setu Babakan

Jakarta, MINA – Acara 2018 di Kompleks , Jagakarsa, Jakarta Selatan, Ahad (29/7) disambut antusias oleh warga.

Ribuan warga masyarakat Ibu Kota berbondong-bondong datang untuk menyaksikan pertunjukkan seni dan budaya dan menikmati kuliner khas suku Betawi.

Pagelaran budaya Betawi yang digelar tiap tahun itu, turut juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekda DKI Saefullah, Ketua Bamus Betawi H. Oding serta jajaran Forkopinko DKI Jakarta lainnya.

Dalam sambutannya, Anies mengucapkan terima kasih kepada Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi) yang telah istiqomah menggelar Lebaran Betawi tiap tahunnya.

“Terima kasih kepada Bamus Betawi yang telah istiqomah menjaga budaya betawi dan menjaga Ibu Kota dengan kondusif,” katanya.

Baca Juga:  Kontingen MTQ Kota Bogor Dapat Anggaran Kadeudeuh

Ke depan, kata Anies, Lebaran Betawi akan terus dikembangkan sesuai perkembangan zaman di Ibu Kota.

“Bukan hanya dilestarikan, tetapi dikembangkan,” kata terangnya.

Menurut Anies, meski di Jakarta warga masyarakat Betawi menjadi minoritas, tetapi budaya Betawi sangat berpengaruh besar di Ibu Kota.

“Karena masyarakat Betawi telah menjadi tuan rumah Ibu Kota saat ini,” ujarnya.

Selain itu, Anies mengingatkan kepada seluruh warga masyarakat Jakarta bahwasanya Jakarta pada bulan Agustus akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

“Mari kita jadi tuan rumah yang baik, kampung-kampung buat indah. Mereka yang datang sambut dengan kehangatan, berikan kesan positif di Indonesia agar mereka pulang menceritakan bahwa Indonesia negara yang ramah,” tandasnya.

Baca Juga:  Pesantren Nuu Waar AFKN Asah Santri Miliki Kemampuan Public Speaking

Mengakhiri sambutannya, Anies pun membacakan pantun. “Makan mie ayam nikmatnya pake sawi, di masak Bang Ahmad bumbunya rahasia. Selamat menikmati Lebaran Betawi, kita bikin Jakarta maju dan bahagia,” pungkasnya.

Sementara itu, Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali mengungkapkan, Lebaran Betawi ke-11 kali ini diakui sangat meriah terlihat dari antusiasi masyarakat yang datang ke Situ Babakan.

“Saya melihat antusias warga sangat tinggi, dilihat dari tahun sebelumnya, Lebaran Betawi kali ini lebih semarak,” katanya.

Menurut Marullah, lebaran betawi ini adalah wujud silaturahmi antarwarga masyarakat Jakarta.

“Ini adalah tradisi warga Betawi, bisa dibilang setengah wajib,” ujarnya. (L/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.