Pemprov DKI Jakarta Dorong Potensi Budaya Lewat Festival Pesona Lokal

, MINA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen mendorong dan menggiatkan potensi kearifan lokal untuk mempromosikan Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta.

Festival ini diselenggarakan atas kolaborasi bersama CSR Adira Finance dan RCTI, serta didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Pesona Indonesia). Acara bertempat di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada Sabtu (16/11).

Sekda Provinsi DKI Jakarta, Saefullah dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (15/11), mengatakan, Pemprov DKI Jakarta mendukung festival ini dalam berbagai bentuk, mulai dari rekayasa dan manajemen lalu lintas, pengerahan petugas Satpol PP Provinsi DKI Jakarta untuk pengamanan, publikasi dari Transjakarta, MRT, LED milik Pemprov DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta juga akan mengerahkan 50 orang petugas kebersihan, 2 buah Mobil Toilet, 2 buah Ambulance dan tim kesehatannya, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, 10 tim karnaval dari SMK/SMA, 5 tim lomba tari kreasi budaya, 10 orang siswa SMK/SMA untuk mengikuti lukis desain, dan Pengrajin Batik Betawi.

Festival ini meliputi Parade Karnaval Budaya, Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer pada media kipas, Kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, dan permainan lokal serta bazaar aneka produk lokal. Tidak ketinggalan kegiatan ini juga akan dimeriahkan oleh artis ibukota Raisa, Zaskia Gotik, Abdul Idol, dan Efek Rumah Kaca.

Festival ini akan ditutup dengan penganugerahan. Pertama, Penghargaan Kota Paling Mempesona kepada kota penyelenggara yang berhasil menampilkan pesona dan keunikan budaya lokal serta atraktivitas yang melibatkan masyarakat selama kegiatan berlangsung.

Kedua, Provinsi Paling Mempesona yang akan diberikan kepada Provinsi penyelenggara yang sukses dan berhasil memperlihatkan kekayaan budaya lokal yang beragam dan bervariasi dari provisi tersebut.

Persembahan dari Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan Adira Finance. Penganugerahan akan dilakukan dalam acara Adikreasi yang akan tayang secara live di RCTI pada Ahad (17/11) pukul 14.00.

“Festival Pesona Lokal mulai diadakan sejak tahun lalu di 8 kota. Tahun ini kita adakan di 7 kota, di mana 6 kota kita sudah laksanakan sejak bulan Agustus dan puncaknya adalah besok di Gelora Senayan,” ujarnya.

Festival Pesona Lokal ini di DKI Jakarta akan merangkum keberagaman budaya dari 6 kota sebelumnya, yaitu Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, dan Yogyakarta. (L/R06/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.