Pemuda Peduli Kemanusiaan Lampung Tengah Gelar Doa Lintas Agama untuk Palestina

Komunitas Pemuda Peduli kemanusiaan (P2K) Desa Nyukang Harjo Kecamatan Selagai Lingga Kabupaten Lampung Tengah menggelar Doa Bersama Lintas Agama dan Penggalangan Dana Peduli Palestina, Sabtu, (25/11) malam.

Lampung Tengah, MINA – Komunitas Pemuda Peduli kemanusiaan (P2K) Desa Nyukang Harjo Kecamatan Selagai Lingga Kabupaten Lampung Tengah menggelar Doa Bersama Lintas Agama dan Penggalangan Dana Peduli Palestina, Sabtu, (25/11) malam.

Ketua Panitia penyelenggara, Sandriyan Rahman mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian pemuda-pemudi Nyukang Harjo Lampung Tengah terhadap kondisi di Gaza, Palestina.

“Kami, pemuda kampung Nyukang Harjo mengutuk keras aksi kekejaman zionis Israel dan menentang segala bentuk penjajahan yang ada dimuka bumi. Oleh karena nya dari sekarang hingga nanti kita tetap bersama Palestina,” katanya.

Kegiatan ini juga bertujuan memupuk keberagaman masyarakat kampung Nyukang Harjo yang Heterogen, Multi Agama dan Multi Etnis, untuk bersama-sama membangun suasana kampung yang sejuk dan guyup rukun, serta terjalinya sinergitas antara aparatur pemerintahan desa dan warga.

Selain itu juga menekankan dengan keberagaman masyarakat dapat mengangkat nilai kemanusiaan dan menentang segala bentuk penjajahan sebagaimana yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, tanpa terkecuali untuk saudara kita di Negeri Palestina.

P2K telah memulai penggalangan dana di setiap komunitas sejak tanggal 18, puncaknya Sabtu malam diserahkan untuk disalurkan kepada warga Palestina melalui lembaga kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG).

Kegiatan ini juga menghadirkan jurnalis dan aktivis kemanusiaan Palestina Nurhadis yang memaparkan kondisi terkini terkait Masjid Al Aqsa dan Palestina.

Dalam pemaparannya Nurhadis menekankan, pentingnya menolak rancangan undang-undang pembagian/pemisahan Masjidil Aqsa dan kampanye untuk membuka blokade Gaza segera mengingat kondisi di Gaza Palestina pasca aksi perlawanan 7 Oktober 2023 lalu.

“Saya mengapresiasi kegiatan luar biasa yang diinisiasi pemuda ini, menghadirkan warga lintas suku dan agama, atas dasar kemanusiaan peduli terhadap Palestina,” katanya.

Kepedulian terhadap Palestina ini juga merupakan amanat konstitusi yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945. Menentang setiap upaya penjajahan suatu bangsa terhadap bangsa lain.

Hadir mewakili tokoh umat Islam, Ustadz Komarudin, perwakilan umat Katolik Pendeta Indriyatno dan perwakilan umat Hindu, Budi Asmoro.

Statement juga diberikan oleh ketiga perwakilan tokoh pemuka agama dengan lantang mereka menyampaikan “Kami mewakili pemuka agama Islam, Katolik, dan Hindu Desa Nyukang Harjo dengan ini mengutuk keras tindakan penjajahan yang dilakukan Zionis Israel terhadap penduduk di Palestina,” tegasnya dihadapan ribuan hadirin.

Dana yang terkumpul sejumlah Rp. 16.708.000 diserahterimakan kepada Ketua AWG Biro Lampung, M. Waliyulloh.

Dalam penyampaian nya, Waliyulloh mengapresiasi kegiatan yang dihadiri sekitar 2000 warga ini. (L/ara/B03)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi