Pendiri Indecon: Ekowisata Berdampak Positif Bagi Sosial dan Ekonomi Masyarakat

Jakarta, MINA – Direktur Indonesia Ecotourism Network (), Ary Suhandi mengatakan, (Ecotourism) akan berdampak positif bagi dan , apabila dikelola dengan baik.

“Pariwisata memiliki dampak positif dalam hal perkembangan ekonomi, apabila dikelola dengan baik,” katanya dalam acara Pengembangan EkoWisata Berbasis Masyarakat yang dilakukan tadi secara virtual oleh EcoMasjid, Jakarta, Kamis (10/9) malam.

Menurutnya, keindahan alam, keanekaragaman hayati dan keragaman budaya merupaka motivasi utama wisatwan, semua itu sangat bergantung kepada pengelolanya, bagaimana mereka merawat alam tersebut.

“Sebagus apapun alam kita, seindah apapun budaya kita, untuk dapat berkelanjutan, sangatlah bergantung pada manusia yang mengelolanya” jelasnya.

Menurutnya, wisata itu tidak akan pernah habis, karena merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan antara manusia dan alam.

Pariwisata pasca Covid-19 akan mengarah pada wisata minat khusus dengan kelompok kecil. Oleh karena itu, pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat diperkirakan akan berkembang, sekaligus memotivasi dalam menjaga alam dan melestarikan budaya serta kearifan lokal sebagai daya tarik wisata.

Ekowisata merupakan kegiatan wisata yang memiliki tanggungjawab kepada alam, masyarakat, dan lingkungan sekitar.

Dalam melakukan kegiatan konservasi alam, ekowisata ikut melibatkan partisipasi masyarakat secara materi, secara tidak langsung  akan membutuhkan tenaga masyarakat sekitar dalam menjaga alam. (L/SR/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.