Pengusaha Palestina: Penangguhan Ekspor Gaza oleh Israel Berisiko ‘Bencana’

Blokade yang dilakukan Israel telah membunuh industri tekstil Gaza yang dulunya aktif. (Muhammad Asad)

, – Dunia usaha pada Selasa (5/9) memperingatkan bahwa keputusan untuk menangguhkan ekspor dari menempatkan wilayah Palestina itu pada risiko “bencana kemanusiaan”.

Dikutip dari The New Arab, Kamis (7/9), panglima militer Israel pada Senin (4/9) memerintahkan penghentian pengiriman komersial dari Gaza ke Israel, setelah adanya dugaan upaya penyelundupan bahan peledak.

Jalur Gaza berada di bawah blokade Israel yang melumpuhkan sejak kelompok Islam Hamas merebut kekuasaan di wilayah Palestina pada tahun 2007.

Presiden Kamar Dagang Gaza Ayed Abu Ramadan mengatakan, keputusan Israel adalah “eskalasi baru dalam kebijakan blokade ekonomi” di wilayah kantong pantai tersebut.

Sebagai rumah bagi sekitar 2,3 juta warga Palestina, Gaza dilanda kemiskinan dan pengangguran akibat blokade tersebut.

Baca Juga:  Warga Gaza yang Terluka Kesulitan Cari Tempat Perawatan Medis

Dia mengecam bahwa “hukuman kolektif” Israel berisiko menyebabkan “bencana kemanusiaan yang nyata”.

Osama Nofal, dari Kementerian Ekonomi Gaza, menyebutkan, nilai ekspor Gaza ke Israel dan Tepi Barat yang diduduki sekitar $134 juta per tahun, dengan sebagian besar berupa buah-buahan serta sayuran, ikan, pakaian dan furnitur.

Juru bicara Federasi Industri Palestina Waddah Bseiso mengatakan, keputusan Israel dapat memaksa “ratusan pabrik tutup” dan ribuan karyawan di-PHK.

Israel mengatakan pada hari Senin, pasukan keamanannya telah “mendeteksi beberapa kilogram bahan peledak berkualitas tinggi yang disembunyikan di dalam pengiriman pakaian yang dibawa oleh tiga truk” di persimpangan Kerem Shalom antara Gaza dan Israel. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.