Perang Sudan Masuki Hari ke-100 dengan Bencana Korban Jiwa dan Pengungsi

Nyala pertempuran di Khartoum, ibu kota Sudan, terlihat dari kejauhan, Senin, 17 April 2023. (Foto: dok. AA)

Khortum, MINA – Perang yang meletus pada 15 April antara tentara Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat () paramiliter telah memasuki hari ke-100 pada Ahad (23/7), periode yang telah menimbulkan banyak kekacauan di Khartoum, meningkatnya kekerasan etnis di Darfur dan pemindahan lebih dari tiga juta orang.

Perang antara Panglima Militer Abdel Fattah al-Burhan melawan mantan wakilnya Mohamed Hamdan Daglo, Komandan Paramiliter RSF, membuat lembaga bantuan melaporkan semakin banyak korban sipil, The New Arab melaporkannya.

Proyek Data Lokasi dan Peristiwa Konflik Bersenjata (Acled) mengatakan dari 320 “peristiwa kekerasan politik” di Sudan, hampir 80 warga sipil menjadi sasaran, mengakibatkan lebih dari 220 kematian.

Jumlah korban tewas secara keseluruhan dapat mencapai hampir 3.000, dengan angka sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi karena terbatasnya pelaporan di daerah terpencil.

Penargetan warga sipil juga telah menyebabkan eksodus massal ke negara tetangga dan pengungsian internal, dengan PBB memperkirakan 200.000 orang mengungsi dalam satu pekan saja, berdasarkan data dari Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

UNHCR melaporkan bahwa hampir 800.000 orang telah melarikan diri ke negara tetangga.

Tanah subur antara Sungai Nil Putih dan Sungai Nil Biru sekarang menampung beberapa ratus ribu dari sekitar 3,3 juta orang yang terlantar akibat perang.

Donor internasional telah menjanjikan hampir $1,5 miliar bantuan untuk mengatasi krisis, tetapi lembaga kemanusiaan menegaskan bahwa dua kali lipat dari jumlah itu mungkin diperlukan untuk menstabilkan situasi.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan sekitar $3 miliar diperlukan untuk membantu orang-orang di Sudan dan mereka yang melarikan diri ke negara tetangga.

“Skala dan kecepatan penurunan Sudan menuju kematian dan kehancuran belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Guterres saat konferensi donor pada bulan Juni.

“Tanpa dukungan internasional yang kuat, Sudan dapat dengan cepat menjadi tempat pelanggaran hukum, memancarkan ketidakamanan di seluruh wilayah,” ujarnya.

Situasi tersebut telah menyebabkan fokus untuk memberikan bantuan kepada tetangga Sudan, banyak dari mereka pulih dari masa perang dan kemiskinan yang berkepanjangan.

Program Pangan Dunia PBB menangguhkan operasi di negara itu setelah tiga stafnya tewas dalam pertempuran awal. Dampak terhadap operasi bantuan terus berlanjut, dengan laporan baru-baru ini tentang kelompok bersenjata yang menyerang petugas kesehatan di Khartoum.

Selain konflik antara tentara Sudan dan pasukan RSF, konflik etnis kembali terjadi, mengakibatkan kematian warga sipil.

Darfur Barat, wilayah yang dilanda konflik pada awal tahun 2000-an, telah mengalami beberapa kekerasan terburuk sejak pertempuran dimulai pada pertengahan April.

Dengan perang yang tidak menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, upaya regional untuk memediasi pembicaraan damai meningkat, tetapi tantangan tetap ada dalam mengoordinasikan upaya diplomatik di antara berbagai pihak.

Analis mengatakan kedua belah pihak ingin melihat medan perang berkembang.

“RSF telah berada di atas angin di Khartoum sejak hari-hari awal perang, tetapi keuntungan itu semakin terlihat,” kata kelompok pemikir International Crisis Group (ICG).

Tentara pada 15 Juli melancarkan serangan besar di Khartoum Utara, meratakan seluruh lingkungan pinggiran kota dengan serangan udara, “tetapi gagal secara spektakuler”, kata ICG.

RSF, sementara itu, berusaha merebut jalan utama Darfur-Khartoum untuk memastikan pasokan pejuang dan senjata yang konstan.

Baik Burhan dan Daglo memiliki perwakilan di Arab Saudi, tempat pembicaraan gencatan senjata secara teori telah berlangsung.

Namun pada hari Jumat, pemerintah di Khartoum membantah “seluruh informasi mengenai gencatan senjata”. (T/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.