Perbankan Yaman Krisis, Impor Gandum Dihentikan

Abu Dhabi, 17 Rabi’ul Awal 146/ 17 Desember 2016 (MINA) – Pedagang di telah berhenti impor , ini pukulan lain terhadap negara yang dilanda perang ini jutaan orang menderita kekurangan gizi akut karena krisis di sentral bank.

Menurut PBB, hampir 2 tahun perang antara koalisi Arab Saudi dan gerakan sekutu di Iran meninggalkan 28 juta orang di Yaman dan 7 juta orang kelaparan dengan makanan yang tidak aman.

Pedagang dan sumber bantuan mengatakan, situasi itu diperparah bulan September ketika Yaman diasingkan oleh Presiden Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi. Beliau memerintahkan, kantor pusat sentral bank dipindahkan dari ibukota Sana’a, Yaman dan dikendalikan oleh pemberontak Houthi di utara ke pelabuhan selatan Aden.

Gerakan itu terjadi setelah bank sentral kehilangan uang 5 miliar dolar AS yang saat itu ada dalam kendali Houthi. Sebuah surat dari Fahem Group untuk Kementrian Yaman di Sana’a menyebutkan, “kami ingin memberitahu Anda bahwa kami telah mampu membuat kontrak baru untuk gandum, karena bank lokal tidak dapat mentransfer nilai dolar untuk setiap kargo gandum.”

Fahem Group ditaksir telah mengimpor 1,2 juta ton gandum ke pelabuhan Laut Merah Saleef antara April 2015-2016 dan menurut perkiraan kementerian perdagangan menyumbang 30-40 persen dari total impor gandum Yaman.

Hadi juga menambahkan, Houthi telah menyia-nyiakan 4 miliar dolar AS untuk cadangan perang dari bank sentral padahal perlu dana untuk  mengimpor makanan dan obat-obatan.

Perusahaan itu mengatakan ingin terus mengimpor gandum untuk menutup kebutuhan penduduk tetapi tidak mampu. Roti merupakan makanan utama bagi pangan orang Yaman di mana mayoritas penduduk disana lebih sering berpantang makan untuk  menurunkan berat badan.

Bank sentral bank bermaksud menopang mata uang asing yang terus berkurang akan tetapi kini telah berhenti memberikan jaminan bagi importir serta mereka membebankan biaya pengiriman kepada mereka sendiri. (T/anj/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.