Peresmian Taman Indonesia di Kota Salt, Yordania

Jordan, 23 Shafar 1438/ 23 November 2016 (MINA) – Dalam rangka menyambut Hari Pohon Sedunia, tanggal 21 November 2016, KBRI bekerjasama dengan Pemerintah Kota Salt dan Jordan- Friendship Association (JIFA), telah meresmikan Taman Indonesia dan menanam 400 pohon pada tanggal 20 November 2016.

Inisiatif ini berasal dari keinginan Walikota Salt, Khalid Khashman, untuk bekerjasama dengan untuk membuka Taman Indonesia di Kota Salt, setelah mendapatkan kesan positif dalam menyaksikan peresmian Taman Indonesia di Kota dan di Universitas Philadelphia, Jerash, pada tanggal 18 Januari 2016.

Pembukaan Taman Indonesia tersebut juga sejalan dengan program kerja Pemda Salt untuk membangun taman-taman baru dan merehabilitasi taman-taman yang sudah ada, termasuk otomatisasi pengairan taman. Hal tersebut sesuai dengan komitmen KBRI Amman untuk membantu melakukan penghijauan di Yordania sekaligus sebagai bentuk promosi Indonesia yang hijau.

Walikota Salt menyediakan lahan untuk Taman Indonesia yang terletak di pinggir Kota Salt, berlokasi di tepi bukit, menghadap hamparan hijau luas dan perbatasan Negara Palestina. Luas taman tersebut adalah sekitar 12 hektar. Demikian siaran pers Kemenlu yang dikutip MINA, Rabu (23/11).

KBRI Amman selanjutnya membangun gapura, signboard, dan menyediakan 400 pohon untuk ditanam antara lain berjenis zanzalaq, yasmin azraq, zamzariq, dan jenis tanaman lokal lainnya yang sesuai dengan iklim setempat.

Sebelum upacara pembukaan, para undangan, yang terdiri dari para Dubes ASEAN, pejabat Pemda, pengusaha, dan tokoh masyarakat, berkumpul Al Ahliyya Amman University, yang disambut oleh Dubes RI, Walikota Salt, Ketua JIFA, Luay Khashman, dan Rektor Al Ahliyya Amman University, Prof. Dr. Sadeq Hamed, untuk selanjutnya berangkat bersama menggunakan bus yang disediakan oleh pihak universitas.

Upacara pembukaan Taman Indonesia dimulai dari prosesi pengguntingan pita pada gapura gerbang masuk Taman, pemutaran lagu kebangsaan Indonesia dan Yordania, dan sambutan Walikota Salt, Ketua JIFA, Dubes RI, serta pembacaan syair puisi “Antara Jakarta dan Salt” oleh sastrawan Yordania, Abdurrahman Mubaiddin.

Dalam sambutannya, Walikota Sat menyampaikan terima kasih atas dukungan KBRI Amman dalam membantu penghijauan di kota Salt dalam bentuk Taman Indonesia. Disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal untuk membangun kerja sama yang lebih erat lagi di masa mendatang.

Sementara itu, Ketua JIFA, menekankan pentingnya kegiatan seperti ini untuk membangun hubungan bilateral dan membentuk citra positif Indonesia di masyarakat Yordania, khususnya di luar Ibukota Amman. JIFA juga menyampaikan komitmennya untuk membantu KBRI Amman dalam membuka kerja sama dengan mitra-mitra baru di seluruh Yordania.

Dubes RI dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada Walikota Salt yang telah memberikan lahan untuk membangun Taman Indonesia serta penanaman pohon, yang sesuai dengan komitmen bersama antara KBRI Amman dan Pemerintah Yordania dalam mempromosikan dan mendukung aksi penanggulangan perubahan iklim untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan. (T/P007/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.