PERISTIWA PENTING DI AFRIKA SEPANJANG 2015 (KALEIDOSKOP)

(Trnation.com)
(Trnation.com)

Januari

20 Januari – Hakim Agung Zambia mengumumkan Edgar Lungu, Menteri Kehakiman dan Pertahanan negara itu, sebagai pemenang pemilihan presiden.

24 Januari – Perdana Menteri Senegal, Mohammed Dionne bersama sekitar 1.500 orang berdemonstrasi  melawan karikatur penggambaran Nabi Muhammad yang diterbitkan oleh majalah Perancis Charlie Hebdo.

Februari

17 Februari – Otoritas Kamerun umumkan telah  menahan lebih 1.000 tersangka anggota  Boko Haram di sebuah penjara di Maroua, ibukota wilayah Far North, dekat perbatasan Nigeria.

22 Februari – Dua bom ISIS meledak di pintu gerbang kediaman duta besar Iran di Tripoli, Libya.

Maret

03 Maret – Sudan menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Zakat di Khortoum.

07 Maret – Kelompok bersenjata Boko Haram Nigeria menyatakan sumpah setianya kepada Abu Bakr Al-Baghdadi, pemimpin kelompok pejuang Islamic Stateatau ISIS yang mengontrol sebagian wilayah Irak dan Suriah.

11 Maret – Para pemimpin oposisi Tuareg Mali bertemu di Timur Laut negara itu untuk memutuskan apakah akan menandatangani atau tidak perjanjian damai yang telah diterima dari pemerintah dan kelompok-kelompok bersenjata yang lebih kecil.

17 Maret – Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB mengungkapkan, hampir semua masjid di Republik Tengah yang berjumlah 436 unit dihancurkan oleh pertempuran ganas antara Kristen dan Muslim.

17 Maret – Sebuah koalisi anti-Israel dibentuk untuk memerangi Zionisme.

18 Maret – Sejumlah pria bersenjata menyerang museum di Tunis, Tunisia,menewaskan 21 orang, termasuk 17 wisatawan asing.

26 Maret – Presiden Nigeria Goodluck Jonathan dan penantang utamanya di pemilu 28 Maret, Muhammadu Buhari, berkomitmen berdamai  dan mendesak para pendukungnya menghindari kekerasan.

28 Maret – Muhammadu Buhari memenangkan pemilihan presiden Nigeria.

31 Maret – Pemerintah Libya yang berbasis di ibukota Tripoli, Kongres Nasional Umum (GNC), memberhentikan Omar Al-Hassi dari jabatannya sebagai Perdana Menteri.

April

02 April – Beberapa pria bersenjata menyerang kampus universitas di Kota Garissa, timur laut Kenya, menewaskan sedikitnya 147 orang.

04 April – Pihak-pihak yang berseteru di Republik Afrika Tengah menandatangani kesepakatan gencatan senjata di Nairobi, Kenya, dalam upaya memberikan solusi politik.

19 April – ISIS mengklaim pembunuhan 28 warga Kristen Ethiopia dalam dua kelompok di dua lokasi berbeda di Libya.

27 April – Presiden Partai Kongres Nasional, Omar Hassan al-Bashir, terpilih kembali sebagai Presiden Sudan.

28 April – Pasukan Nigeria menyelamatkan hampir 300 anak perempuan dan perempuan dewasa dari tahanan kelompok bersenjata Boko Haram di daerah timur laut Hutan Sambisa.

Mei

01 Mei – Pemerintah Nigeria mengumumkan telah menyelamatkan 234 wanita dan anak-anak dari Hutan Sambisa, basis kubu Boko Haram di wilayah timur laut.

01 Mei – Pemerintah Kongo melarang muslimah memakai niqab atau cadar.

04 Mei – Komite Maroko untuk Membela Issu Umat pada pekan lalu menggelar 25 aksi protes di berbagai wilayah menolak kunjungan mantan Presiden Israel Shimon Perez ke negeri tersebut.

11 Mei – Pemerintah Republik Afrika Tengah dan kelompok- kelompok milisi yang bertikai menyetujui perjanjian damai yang mengharuskan mereka melucuti senjata.

19 Mei – Pemerintah Gambia siap tampung pengungsi Muslim Myanmar.

23 Mei – Militer Nigeria mengumumkan telah membebaskan seribu tawanan dari Boko Haram, terutama para wanita dan anak-anak, dari Hutan Sambisa yang menjadi daerah persembunyian kelompok bersenjata itu.

Juni

03 Juni – Amnesty International desak militer Nigeria selidiki sembilan komandan senior terkait peran mereka dalam penembakan, kelaparan, menahan dan menyiksa ribuan orang hingga mati selama perang melawan Boko Haram.

15 Juni – Pimpinan misi Afrika Selatan untuk Palestina Profesor MW Makalima  melakukan kunjungan ke kantor Ketua Parlemen Palestina di Gaza.

20 Juni – Aliansi oposisi bersenjata pimpinan Tuareg dan pemerintah Mali menandatangani kesepakatan damai.

22 Juni – Diumumkan 194 warga Rwanda memeluk Islam dalam program dakwah dan medis yang diselenggarakan Majelis Pemuda Muslim Dunia atau WAMY .

25 Juni – PBB menerima 480 tuduhan eksploitasi seksual dan penyalahgunaan tugas yang dilakukan pasukan penjaga perdamaian di Afrika antara 2008 hingga 2013.

26 Juni – Seorang bersenjata melakukan penembakan massal di hotel wisata di Sousse, Tunisia timur, menewaskan sedikitnya 37 orang, termasuk wisatawan asing.

27 Juni – Kelompok yang berafiliasi dengan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas penembakan di pantai wisata Tunisia.

30 Juni – Pemerintah Tunisia tutup 80 masjid yang dianggap menghasut dan memicu kekerasan.

Juli

07 Juli – Muslim Guinea dan Senegal di ibukota Conakry berdamai selama menjalani ibadah puasa.

12 Juli – Presiden Nigeria Muhammadu Buhari memecat jajaran pemimpin militernya dalam upaya nyata merestrukturisasi tentara sebelum menangani kelompok Boko Haram.

18 Juli – Kamerun melarang jilbab dan burqa.

26 Juli – Presiden Amerika Barack Obama dikritik di Kenya karena bela hak kaum gay.

27 Juli – Aktor Hollywood George Clooney meluncurkan sebuah inisiatif yang disebut The Sentry, bertujuan mengakhiri konflik di Benua Afrika dengan melacak uang yang menjadi bahan bakar kelompok bersenjata.

28 Juli – Pengadilan Tinggi Libya memvonis hukuman mati pada Saif Al-Islam, putra mantan Presiden Libya Muammar Gaddafi.

Agustus

02 Agustus – Pengungsi dari Yaman membanjir di Djibouti.

03 Agustus – Amnesty International melaporkan Muslim Republik Afrika Tengah dipaksa masuk Islam oleh milisi Kristen Anti-Balaka.

14 Agustus – Presiden Kenya Uhuru Kenyatta mempromosikan seorang wanita Muslim menjadi berpangkat brigadir (di Indonesia sama dengan brigadir jendral, perwira tinggi), di militer negara itu.

16 Agustus – Perdana Menteri Libya Abdullah Al-Thani mengundurkan diri.

25 Agustus – Pendeta Rwanda dan 480 jamaahnya masuk Islam.

26 Agustus – PBB melaporkan banyak senjata buatan Israel beredar di Sudan Selatan.

September

28 September – Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menegaskan penolakannya terhadap undang-undang pernikahan sejenis dihadapan para peserta Sidang Umum PBB.

Oktober

27 Oktober – Persatuan Pelajar Palestina di Sudan bersama LSM peduli Palestina laksanakan longmarch menentang agresi Israel terhadap rakyat Palestina.

November

01 November – Ghana luncurkan bank Islam pertama.

13 November – UNICEF melaporkan sekitar 16.000 anak dilibatkan dalam perang saudara di Sudan Selatan.

18 November – Pengadilan Afrika Selatan mengeluarkan surat perintah penangkapan empat pejabat tinggi militer Israel yang terlibat dalam serangan mematikan terhadap aktivis internasional pro-Palestina di Kapal Mavi Marmara 2010 lalu.

29 November – Rakyat Burkina Faso memilih Roch Marc Christian Kabore sebagai presiden baru dalam pemilu.

30 November  – Paus Francis megunjungi lingkungan Muslim yang terkepung milisi Kristen di ibukota Republik Afrika Tengah.

Desember

02 Desember – Militer Kamerum mengumumkan telah membebaskan 900 sandera dari kelompok Boko Haram dan telah membunuh lebih 100 militan.

12 Desember – Presiden Gambia Yahya Jammeh mendeklarasikan negaranya sebagai Republik Islam secara sepihak.

14 Desember – Kenya menjadi tuan rumah KTT Keuangan Islam Afrika Timur 2015.

15 Desember – UNICEF mengeluarkan laporan bahwa sekitar 500 anak balita meninggal setiap hari di Afrika karena air, sanitasi dan kebersihan yang tidak memadai.

17 Desember – Dua parlemen di  Libya menandatangani kesepakatan yang didukung PBB di Maroko untuk membentuk pemerintah persatuan.

18 Desember – Pemerintah Sudan mengadakan Konferensi Internasional Al-Aqsha.

20 Desember – Pemerintah Niger mengumumkan telah menangkap sembilan perwira militer atas tuduhan merencanakan kudeta.

28 Desember – Perundingan faksi-faksi berseteru Burundi di adakan di Istana Presiden Uganda di Entebbe. (L/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.