Perkemahan Rohani Islam di Aceh Utara 

Foto: dok.

Lhoksukon, Aceh, MINA – Perkemahan Rohani Islam (Rohis) tingkat SMA/SMK se-Aceh Utara diadakan tanggal 26-28/1 oleh Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Utara.

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS) Jamaluddin yang ditemui di sela-sela kegiatan perkemahan, mengatakan, perkemahan ini diikuti oleh 50 peserta dari 10 SMK/ SMA yang ada di Aceh Utara, rinciannya satu SMA/ SMK mengirim 5 Putra dan 5 putri.

Jamaluddin menjelaskan, acara yang digelar pada 26-28 Januari tersebut, dipusatkan di SMK Negeri Lhoksukon mengikuti pola pramuka, namun berbeda dalam hal kegiatan.

“Di sana para peserta dipandu dengan serangkaian kegiatan  keagamaan seperti baca-tulis al-Quran, shalat, zikir dan manasik secara berjamaah,” katanya.

Sementara Kakankemenag Aceh Utara Salamina, MA mengatakan, Rohis merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di luar jam pelajaran.

“Tujuannya untuk menunjang dan membantu mewujudkan keberhasilan pembinaan moral siswa. Rohis sangat penting sebagai wadah untuk melakukan pengembangan dan pembinaan keagamaan siswa di sekolah,” jelasnya.

Salamina menambahkan, siswa-siswa pintar itu banyak tetapi siswa yang bermoral itu sedikit. Mereka merupakan generasi yang sangat diharapkan di masa yang akan datang. (R/B04/P3-P1)

Mi’raj News Agency (MINA)