Pertumbuhan Pembiayaan Meningkat BSM Yakin Capai Target

Jakarta, 25 Muharram 1438/26 Oktober 2016 (MINA) – Bank Mandiri (BSM) melaporkan penyaluran pembiayaan perusahaan sampai mencapai Rp4,13 triliun. Pencapaian ini tumbuh 17,2 persen dari Desember 2015 yang sebesar Rp3,52 triliun.

“Alhamdullilah, di tengah kondisi ekonomi yang kurang kondusif pembiayaan BSM tumbuh dengan kualitas baik” kata SEVP Retail Banking Bank Syariah Mandiri BSM Niken Andonowarih dalam pemaparannya di Koffierasse, Wisma Mandiri, Jakarta, Rabu (26/10) sore.

Dia menambahkan “sejalan dengan visi menjadi Bank Syariah Terdepan dan Modern, BSM melakukan transformasi bisnis, organisasi dan culture. Transformasi bisnis meliputi perbaikan bisnis proses dan sistem IT selain terus fokus pada sektor unggulan yang menjadi target market BSM”.

Pihaknya berkomitmen mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) antara lain di sektor pedagang dan pengusaha kecil lainnya.

Selain itu juga BSM mengembangkan program komunitas pengusaha kecil dalam cluster, baik dari sisi dana dan pembiayaan.

Pertumbuhan positif pembiayaan mikro juga diikuti dengan angka non-performing financing (NPF) yang terjaga baik, posisi September 2016 sebesar 3.74 persen turun jauh dibandingkan September 2015 sebesar 4.32 persen.

Penurunan NPF tersebut merupakan hasil upaya intensif melakukan penagihan (collection) dan pertumbuhan pembiayaan secara selektif serta efektifnya pelaksanaan program pendampingan Customer Relationship Management termasuk pelatihan kepada nasabah.

“Sinergi yang kuat antara cabang dan kantor pusat menjadi kunci dalam bisnis proses mikro. Selain itu kontrol atas pembayaran angsuran sangat kami jaga. Dengan pertumbuhan saat ini kami optimis capai target 2016” tambah Niken.

Sementara itu, SEVP Finance dan Strategy BSM Ade Cahyo Nugroho mengatakan, untuk 2017, BSM menargetkan pertumbuhan pembiayaan retail termasuk mikro dikisaran 10-12 persen  dengan upaya terus menerus dalam melakukan penyempurnaan sistem dan perbaikan kualitas pembiayaan. (L/P002/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)