Perusahaan Asuransi Masukkan Klausul ‘Tidak Ada Koneksi ke Israel’

Sebuah kapal transit Terusan Suez menuju Laut Merah pada 10 Januari 2024 di Ismailia, Mesir. (Photo: Sayed Hassan/Getty Images)

Sana’a, MINA -Penjamin emisi asuransi mengharuskan beberapa klien untuk menandatangani kontrak yang menjamin bahwa mereka tidak memiliki hubungan dengan Israel atau untuk mendapatkan perlindungan bagi kapal kargo yang melewati . Demikian dikutip dari Memo, Kamis, (25/1).

Permintaan ini muncul ketika serangan di telah meningkatkan premi asuransi untuk .

Menurut NYT, serangan di titik kritis yang menangani 12 persen perdagangan global ini telah meningkatkan biaya pengiriman rata-rata ke seluruh dunia lebih dari dua kali lipat.

Beberapa kapal memilih untuk menghindari Terusan Suez dan memilih rute yang lebih panjang di sekitar Tanjung Harapan di Afrika Selatan, sehingga menambah waktu pengiriman selama berminggu-minggu.

Melewati Laut Merah masih memerlukan asuransi risiko perang khusus yang mahal yang ditawarkan oleh broker London untuk menutupi potensi serangan Houthi. Harga kapal telah melonjak hingga 50 kali lipat dibandingkan sebelum konflik , dan kini harganya mencapai satu persen dari nilai sebuah kapal meskipun sejauh ini kerusakan yang terjadi pada kapal relatif minimal. Untuk kapal yang membawa barang senilai $100 juta, itu berarti tambahan $1 juta untuk diasuransikan.

Perusahaan asuransi menyalahkan peningkatan risiko ini akibat serangan militer Israel terhadap warga Palestina di Gaza.

Dengan memaksa klien untuk menjamin bahwa mereka tidak memiliki hubungan dengan Israel dan sekutu Baratnya, penjamin emisi bertujuan untuk melindungi diri mereka sendiri agar secara tidak sengaja menanggung setiap kapal yang terkait dengan ketegangan geopolitik yang mendasari serangan tersebut.

Para analis mengatakan bahwa dampak buruk terhadap perdagangan global dan harga konsumen masih berlangsung. Mereka memperingatkan bahwa jika transit di Laut Merah tetap berisiko tinggi, inflasi dapat kembali terjadi.

Permintaan yang diajukan oleh penjamin emisi ini mengikuti langkah-langkah pencegahan sebelumnya yang diambil oleh kapal-kapal untuk menghindari serangan Houthi. Awal bulan ini, kapal-kapal kargo yang melewati Laut Merah mulai menyatakan bahwa mereka tidak memiliki hubungan dengan Israel, menurut data dari fitur keselamatan navigasi yang dikenal sebagai Sistem Identifikasi Otomatis (AIS), yang mengirimkan identitas, lokasi dan tujuan kapal-kapal besar.

Sekutu Israel di Barat tampaknya kehabisan pilihan dalam upaya mereka membendung kelompok Houthi. Kemarin, Financial Times mengungkapkan bahwa AS telah mendesak Tiongkok untuk membantu mengekang serangan Houthi di sekitar Selat Bab Al-Mandab yang penting.

Kapal-kapal Tiongkok tidak menjadi sasaran kelompok Yaman dan juga kapal-kapal negara yang tidak mendukung kampanye genosida Israel di Gaza. Namun demikian, Tiongkok dilaporkan telah menyatakan “keprihatinan” terhadap serangan tersebut, dan menyerukan “penahanan diri”. (T/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.