Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pilot Selandia Baru Dibunuh dan Dibakar KKB Papua

Rudi Hendrik Editor : Arif R - Selasa, 6 Agustus 2024 - 13:59 WIB

Selasa, 6 Agustus 2024 - 13:59 WIB

28 Views

Kepala Satuan Tugas Humas Operasi Damai Cartenz Komisaris Besar Bayu Suseno memberikan keterangan terkait penyanderaan helikopter dan penembakan terhadap pilot asal Selandia Baru, Glen Malcolm Conning, di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (5/8/2024). (Foto: dokumentasi Satgas Damai Cartenz)

Mimika, MINA – Pilot Selandia Baru bernama Glen Malcolm Conning yang menerbangkan helikopter sipil di Mimika, Provinsi Papua Tengah, ditembak dan dibunuh oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Senin (5/8).

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Brigadir Jenderal Polisi Faizal Ramadhani yang menyampaikan informasi kejadian tersebut mengatakan, pesawat dan jasad pilot tersebut juga dibakar.

Conning ditembak dan dibunuh oleh gerombolan KKB segera setelah tiba di Alama, distrik Mimika. Demikian dilansir dari Sindo News.

Menurut perwira polisi itu, KKB membebaskan para penumpang pribumi Papua di dalam helikopter, termasuk dua petugas kesehatan dan dua anak-anak, sebelum membakar helikopter tersebut dan melarikan diri ke hutan.

Baca Juga: Tiga Peneliti USK Masuk 2 persen Top Saintis Dunia

“Semua penumpang selamat karena mereka adalah penduduk lokal desa Alama,” kata Ramadhani, seraya menambahkan bahwa desa tersebut berada di distrik pegunungan yang hanya dapat dicapai dengan helikopter.

Pentolan Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sebby Sambom, justru menyalahkannya Conning yang bekerja untuk perusahaan penerbangan PT Intan Angkasa Air Service.

Sebby mengatakan, dia belum menerima laporan apa pun dari para milisi kelompoknya terkait dengan kematian pilot tersebut. “Namun, jika itu terjadi, itu adalah kesalahannya sendiri karena memasuki wilayah terlarang kami,” kata Sambom kepada AP, yang dilansir Selasa (6/8).

“Kami telah mengeluarkan peringatan beberapa kali bahwa wilayah itu berada di bawah zona terlarang kami, wilayah konflik bersenjata yang dilarang untuk didarati pesawat sipil mana pun,” ujarnya. []

Baca Juga: Pilot Susi Air yang Disandera KKB Papua Akhirnya Bebas

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia