Presiden Al Sisi: Israel Hambat Pengiriman Bantuan ke Gaza sebagai Taktik Tekanan

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi pada 15 November 2023. (Photo: KHALED DESOUKI/AFP via Getty Images)

Kairo, MINA – Presiden Mesir, Abdel Fattah Al-Sisi, pada hari Rabu menuduh menahan pengiriman bantuan untuk Jalur sebagai taktik tekanan. Demikian dikutip dari Memo, Kamis, (25/1).

Hal ini merupakan sinyal terbaru perselisihan antara kedua negara di mana Israel mempertahankan blokade atas wilayah kantong tersebut.

“Ini merupakan bentuk tekanan terhadap dan masyarakatnya atas konflik dan pembebasan sandera. Mereka menggunakan ini sebagai alat tekanan terhadap masyarakat Jalur Gaza,” kata Sisi dalam komentarnya saat memperingati Hari Polisi Nasional Mesir.

Pendudukan Israel, yang menyangkal menahan bantuan, melancarkan serangan udara dan darat di Gaza setelah pejuang Gaza menyerbu perbatasannya pada tanggal 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera, sekitar 130 di antaranya masih disandera.

Namun, sejak saat itu, media Haaretz mengungkap bahwa helikopter dan tank tentara Israel, pada kenyataannya, telah membunuh banyak dari 1.139 tentara dan warga sipil yang diklaim oleh Israel telah dibunuh oleh Perlawanan .

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Menghayati Makna Ibadah  

Respons Israel telah menyebabkan lebih dari 26.000 orang tewas dan menyebabkan krisis kemanusiaan yang parah, dengan sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza kehilangan tempat tinggal dan sangat kekurangan makanan, air, obat-obatan dan bahan bakar.

Lebih dari 1,2 juta orang berdesakan di selatan Gaza, di dalam dan sekitar kota , meningkatkan kekhawatiran di Mesir bahwa warga Palestina akan mengungsi melintasi perbatasan ke Semenanjung Sinai.

Mesir, bersama dengan Qatar, telah melakukan negosiasi dengan Israel dan untuk gencatan senjata dan pembebasan sandera di Gaza, upaya yang Sisi katakan dalam komentar terpisah pada Rabu malam sedang diintensifkan.

Bantuan dalam jumlah terbatas telah disalurkan melalui Penyeberangan Rafah antara Mesir dan Gaza dan, sejak Desember, melalui Penyeberangan Karm Abu Salem yang dikuasai Israel.

“Kami biasa mengirim 600 truk ke Gaza setiap hari. Tapi, dalam dua hingga tiga hari terakhir, kami tidak mengirimkan lebih dari 200 hingga 220 truk (bantuan) per hari. Bagaimana kehidupan orang-orang ini (di Gaza)?” kata Sisi.

Baca Juga:  Dicap Lakukan Genosida di Gaza, Kolombia Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel

“Penyeberangan Rafah Mesir buka 24/7 setiap hari sepanjang bulan. Namun prosedur yang dilakukan pihak Israel agar kami dapat mengirimkan bantuan tanpa dihalangi oleh siapa pun, itulah alasannya (penundaan).”

Data dari badan , UNRWA, menunjukkan kurang dari 200 truk memasuki Gaza setiap hari sejak 24 Januari.

Keamanan Perbatasan

Israel mengatakan perannya hanya untuk memeriksa bantuan yang masuk ke Gaza demi alasan keamanan, dan Israel membantah menahan atau menolak pasokan kemanusiaan.

“Proses inspeksi kami efisien, dengan kami meningkatkan kapasitas kami untuk memaksimalkan kemampuan inspeksi,” COGAT, sebuah badan Kementerian Pertahanan Israel yang mengoordinasikan pengiriman bantuan dengan PBB dan kelompok kemanusiaan, mengatakan di platform media sosial X pada hari Rabu.

Baca Juga:  Profesor di Washington Masuk RS usai Dipukul Polisi saat Demo Pro-Palestina

“Tidak ada batasan jumlah bantuan yang bisa masuk ke Gaza.”

Israel dan Mesir, yang telah berdamai selama lebih dari empat dekade dan memperdalam hubungan keamanan dan energi dalam beberapa tahun terakhir, telah mempertahankan blokade terhadap Gaza sejak Hamas mengambil kendali di sana pada tahun 2007.

Awal pekan ini, Mesir mengeluarkan bantahan panjang lebar atas pernyataan Israel yang menyatakan bahwa perbatasan Mesir-Gaza tidak aman.

“Tuduhan palsu ini tidak sesuai dengan perjanjian perdamaian yang dihormati Mesir, dan menuntut pihak Israel untuk menunjukkan rasa hormatnya juga,” Diaa Rashwan, kepala Layanan Informasi Negara Mesir, mengatakan dalam sebuah pernyataan, seraya menegaskan bahwa senjata memiliki dampak buruk terhadap Israel. sebaliknya, mereka diselundupkan ke Gaza dari Israel, dan Mediterania.

Awal bulan ini, Mesir dua kali mengumumkan bahwa mereka telah menggagalkan upaya penyelundupan narkoba di perbatasan timur lautnya, termasuk upaya yang dilakukan di dekat titik pemeriksaan pengiriman bantuan ke Gaza. (T/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.