PRESIDEN JOKOWI BUKA MUKTAMAR KE 19 MATHLAUL ANWAR DI PANDEGLANG

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (Foto: Rana/MINA)
Presiden Republik Indonesia, . (Foto: Rana/MINA)

, 23 Syawwal 1436/8 Agutus 2015 (MINA) – Presiden Joko Widodo membuka Muktamar XIX dan Milad ke-100 Mathla’ul Anwar (MA) di Alun-alun Kota Pandeglang, Provinsi , Sabtu (08/08).

Dalam sambutannya, menyatakan bahwa MA, yang didirikan oleh KH M Yasin, KH Tb M Sholeh, KH Mas Abdurrahman dan beberapa ulama lain di Menes-Pandeglang 100 tahun lalu tersebut, mempunyai dua modal, yakni Modal Sosial dan Modal Kultural.

“Dua modal ini dapat digunakan untuk menyukseskan pembangunan di Tanah Air,” kata Jokowi menegaskan. Sebagaimana siaran pers resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Presiden meminta dua warisan ini mampu dijadikan pijakan MA dalam mencerdaskan bangsa, sebagai komitmen dalam melanjutkan perjuangan dan keteladanan para leluhur dan pendiri untuk terus berjuang di bidang dakwah, sosial dan pendidikan.

Ia berharap, berbagai lembaga pendidikan yang berada dalam naungan MA, mampu menyelaraskan antara pemahaman keagamaan dan ilmu pengetahuan umum, untuk mendukung pemberdayaan masyarakat di berbagai aktivitas ekonomi dan implementasi Islam yang toleran, moderat, menjunjung tinggi kebhinnekaan, menjaga Indonesia dan menolak kekerasan atas nama agama.

“Semua modal yang dimiliki MA, dapat diterapkan secara signifikan dalam mengatasi berbagai ujian yang kita hadapi, dalam rangka penguatan jati diri kita sebagai masyarakat yang religius, santun, berkemampuan dan bermartabat, sebagai perwujudan dari Islam rahmatan lil alamin untuk menuju kesebuah tatanan yang baldatun thoyyibatun wa Robbun Ghofur,” ujar Jokowi.

Dalam Muktamar XIX tersebut, hadir para pengurus MA di 24 provinsi se Indonesia. Selain itu, dihadiri juga utusan dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Turki dan lain sebagainya. (T/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0