PRESIDEN TINJAU SEKOLAH AMAN ASAP DI PALANGKARAYA

Palangkaraya, 18 Muharram 1437/31 Oktober 2015 (MINA) – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beserta Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dan Mendikbud , melanjutkan kunjungan kerja ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang  merupakan rangkaian kunjungan peninjauan ke daerah terdampak asap, terutama di sekolah-sekolah.

Sebagaimana sebelumnya di Palembang dan Jambi, Presiden dan rombongan mengunjungi sekolah aman asap di Palangkaraya, Sabtu, laman Kemendikbud yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sekitar pukul 11.00 WIB, Sabtu (31/10).

Setibanya di Palangkaraya, rombongan langsung meninjau sekolah aman asap, yaitu SD Negeri 8 Pahandut Palangkaraya.

Untuk mencapai lokasi, Presiden dan rombongan harus melewati pemukiman padat penduduk yang rata-rata berupa rumah panggung yang terbuat dari kayu.

SD Negeri 8 Pahandut juga terbuat dari kayu, termasuk lapangan upacara sekolah. Di sekolah ini terdapat satu kelas yang disebut kelas aman asap.

Setibanya di SD Negeri 8 Pahandut, Presiden dan Iriana berbincang dengan sejumlah murid.

“Selamat siang anak-anak,” kata Iriana menyapa anak-anak kelas 2 SD Negeri 8 Pahandut. “Belajar ya biar pintar,” tuturnya.

Presiden juga sempat bertanya soal . “Kemarin pas asap libur?” tanyanya. “Libur sebulan Pak,” jawab para murid.

SD Negeri 8 Pahandut merupakan sekolah yang telah menggunakan sistem sekolah aman asap di kelasnya.

Kelas aman asap di sekolah ini merupakan hasil gotong royong Satgas Asap Kemendikbud dengan masyarakat di sekitar sekolah.

Teknologi yang digunakan untuk kelas aman asap ini termasuk teknologi sederhana yang telah terbukti lewat uji coba di Sekolah Percobaan Kota Padang pada 27-28 Oktober 2015.

Teknologi yang sama diterapkan juga di SDN 181 Kelurahan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. (Fauziah/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.