Presiden : Dalam Waktu Dekat Akan Diresmikan Kantor Konsulat Kehormatan RI di Ramallah

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Foto: Chamid/MINA
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Foto: Chamid/MINA

Jakarta, 27 Jumadil Awwal 1437/7 Maret 2016 (MINA) – Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia dalam waktu dekat akan meresmikan di , Palestina.

Penyataan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan di pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa ke lima Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di JCC Senayan, Jakarta, Senin (7/3).

“Perkenankan saya menyampaikan bahwa Indonesia telah menunjuk Nyonya Maha Abou Susheh selaku Konsul Kehormatan Republik Indonesia untuk Palestina,” kata Jokowi saat memberikan sambutan sebagai ketua dan selaku tuan rumah KTT Luar Biasa OKI.

Jokowi mengatakan selanjutnya, Indonesia dan Dunia Islam siap melakukan langkah-langkah konkrit untuk terus mendesak Israel mengakhiri penjajahannya atas Palestina dan menghentikan kesewenang-wenangan di Al-Quds Al-Sharif.

“Dunia Islam membutuhkan dukungan dari PBB sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya,” kata Jokowi.

Ia juga menambahkan, dunia Islam kembali menyerukan agar proses perdamaian jangan ditunda-tunda lagi untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina melalui “Solusi Dua Negara” (Two-States Solution).

“Keberadaan Konsul Kehormatan merupakan langkah awal untuk meningkatkan dukungan Indonesia bagi kemerdekaan Palestina serta mendorong penguatan hubungan bilateral,” ujar Jokowi.

Rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ke-5 tentang Palestina dan Al-Quds Al-Sharif dimulai pada Minggu, 6 Maret 2016 pagi dengan pertemuan para pejabat tinggi, di Jakarta Covention Center, Jakarta. (L/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.