Putin Tuduh Barat Ingin Rusia ‘Saling Bunuh’ Dalam Pemberontakan

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: dok. AA)

Moskow, MINA – Presiden menuduh Ukraina dan sekutu Baratnya menginginkan Rusia “membunuh satu sama lain” dalam pemberontakan tentara bayaran kelompok Wagner, yang mengejutkan negara itu dengan pawai yang dibatalkan menuju Moskow selama akhir pekan.

Dalam pidato pertamanya kepada bangsa pada Senin (26/6) sejak pemberontak mundur, Putin mengatakan dia telah mengeluarkan perintah untuk menghindari pertumpahan darah dan memberikan amnesti kepada para pejuang Wagner, yang pemberontakannya menjadi tantangan terbesar bagi pemerintahannya selama dua dekade. The New Arab melaporkan.

“Sejak awal peristiwa, atas perintah saya, langkah-langkah diambil untuk menghindari pertumpahan darah besar-besaran,” kata Putin dalam pidato yang disiarkan televisi, berterima kasih kepada Rusia atas “patriotisme” mereka.

Baca Juga:  Protes serangan ke Gaza, Turkiye Hentikan Ekspor Impor Dengan Israel

“Justru pembunuhan saudara yang diinginkan musuh Rusia: baik neo-Nazi di Kyiv dan pelindung Barat mereka dan segala macam pengkhianat nasional. Mereka ingin tentara Rusia saling membunuh,” kata Putin.

Putin juga berterima kasih kepada pejabat keamanannya atas pekerjaan mereka selama pemberontakan bersenjata dalam pertemuan yang dihadiri Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, target utama pemberontakan.

“Solidaritas sipil menunjukkan bahwa setiap pemerasan, setiap upaya untuk mengatur kekacauan internal, pasti akan gagal,” kata Putin.

Dia menambahkan bahwa para pejuang Wagner dapat memilih apakah akan bergabung dengan tentara Rusia atau pergi ke Belarusia, atau bahkan kembali ke rumah mereka.

Bos Wagner Yevgeny Prigozhin sebelumnya membela pemberontakannya yang dibatalkan sebagai upaya untuk menyelamatkan tentara bayarannya dan mengungkap kegagalan kepemimpinan militer Rusia, tetapi bukan untuk menantang Kremlin. (T/RI-1/P1)

Baca Juga:  Ismail Haniya Ucapkan Terimakasih Atas Rencana Pembangunan RS Ibu dan Anak di Gaza

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.