PW GEMA Mathla’ul Anwar Bangka Belitung Periode 2021-2026 Resmi Dilantik

Ketua Umum DPP GEMA Mathla'ul Anwar Ahmad Nawawi Arsyad (kanan) melantik pengurus DPW GEMA Mathla'ul Anwar Provinsi Bangka Belitung perode 2021-2026 di Pangkalpinang, Ahad, 29 Mei 2022.(Foto: Istimewa)

Pangkalpinang, MINA – Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I dan Pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Generasi Muda () Mathla’ul Anwar Provinsi Kepulauan (Babel) periode 2021-2026 berlangsung meriah, bertempat di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur, Ahad (29/5).

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GEMA Mathla’ul Anwar, Ahmad Nawawi Arsyad memberikan selamat dan apresiasi atas dilantiknya kepengurusan DPW GEMA Mathla’ul Anwar Provinsi Babel periode 2021-2026 tersebut.

Menurut Nawawi, pelantikan Pengurus GEMA Mathla’ul Anwar Babel itu merupakan langkah maju bagi salah satu badan otonom dari Ormas Mathla’ul Anwar yang merupakan salah satu Ormas Islam tertua yang lahir di Banten.

Mathla’ul Anwar itu sendiri, lanjutnya, sudah mencatat perjalanan sejarah panjang, dimana telah ada dan berdiri sejak 1916 di kota Menes Banten. Para pendirinya adalah KH Mas Abdurrahman, KH Tb Mohammad Soleh, dan KH Entol Mohammad Yasin.

Mathla’ul Anwar telah lahir lebih dahulu sebelum Ormas Islam lainnya seperti Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi ini mempunyai misi berdakwah melalui pendidikan dan sosial.

Nawawi dalam sambutannya lebih lanjut mengharapkan GEMA Mathla’ul Anwar di Provinsi Babel bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan para stakeholder lainnya serta berkontribusi nyata dalam menciptakan situasi masyarakat yang aman, damai, dan tenteram.

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Intelkam Polda Babel, Kombes Pol Eko Budi Susilo yang hadir mewakili Kapolda Babel. Ia memberikan apresiasi atas dilantiknya kepengurusan DPW GEMA Mathla’ul Anwar di Bangka Belitung.

Dikatakannya, kehadiran Ormas ini dapat saling bersinergi dengan Ormas-ormas lain dari kalangan umat Islam yang sebelumnya sudah ada di Bangka Belitung.

“Saya yakin, Ormas-ormas ini pasti membawa misi baik bagi daerah maupun pusat, dan diharapkan misi tersebut tidak terlepas untuk membawa bangsa menjadi semakin maju,” ujar Kombes Eko.

Ia juga mengharapkan Organisasi GEMA Mathla’ul Anwar di Provinsi Babel dapat menjalin kerjasama dengan organisasi lainnya serta dapat memperkokoh persatuan di negara ini.

Sementara itu Ketua Pengurus DPW GEMA Mathla’ul Anwar Provinsi Babel yang baru dilantik, Tanaim, menuturkan bahwa Organisasi Islam ini bergerak di bidang dakwah melalui Pendidikan Islam yang membawa harapan agar Pendidikan Islam di Nusantara dapat maju dan berkembang pesat.

“Sebagai generasi muda, kami mempunyai komitmen untuk melakukan dakwah melalui lembaga pendidikan dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Saat ini GEMA Mathla’ul Anwar telah terbentuk di enam kabupaten kota yang ada di Bangka Belitung,” ujar Tanaim.

Rakerwil GEMA Mathla’ul Anwar Babel itu sendiri membahas program kerja dan membicarakan pembangunan Madrasah Aliyah Kejuruan Bidang Pertanian sesuai potensi yang ada di Bangka Belitung.

Ketua DPW Gema Matla’ul Anwar Babel juga mengharapkan organisasi yang dipimpinnya dapat bersinergi dengan pemerintah daerah setempat.

“Kami pengurus GEMA Mathla’ul Anwar dari DPW Provinsi sampai ke DPD kabupaten/Kota se-Babel akan bersinergi dengan pemerintah, dengan menunjukkan kinerja sesuai tujuan organisasi, dan mengajak para pemuda millenial di Babel untuk bersama-sama menjadi peneduh di tengah-tengah masyarakat dengan mengedepankan moderasi dan toleransi,” ujarnya.

Acara Pelantikan dan Rakerwil itu sendiri dirangkai dengan Dialog Interaktif dengan tema “Menyemai moderasi beragama di kalangan pemuda millenial”, dengan menghadirkan para narasumber, yaitu Direktur Intelkam Polda Babel Kombes Pol Eko Budhi Susilo, Sekretaris MUI Provinsi Babel Drs Ahmad Lutfi, dan akademisi IAIN Abdurrahman Sidik Pangkalpinang Dr Lukman Sumarna Lc serta dimoderatori oleh Iwan Dharmawan S. Kom, Ketua OKK DPP GEMA Mathla’ul Anwar.

Adapun Pengurus GEMA Mathla’ul Anwar Provinsi Babel yang dilantik antara lain: Ketua Tanaim, Wakil Ketua Mardian, Sekretaris Sobrian Musa, dan Bendahara Ridho Lanang Fikr.(L/RS1/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.