Referendum Kurdistan 92 Persen Pilih “Ya” Merdeka dari Irak

Warga Kurdi membentangkan spanduk bertuliskan “Kurdistan Bukan Irak”. (Foto: Kurdistan24)

Erbil, MINA – Hasil pemungutan suara referendum Kurdistan menunjukkan, 92 persen suara warga Kurdistan mendukung kemerdekaan dari Irak, demikian hasil penghitungan suara yang diumumkan Rabu (27/9).

Komisi Pemilu Independen dan Referendum Independen (IHERC) mengumumkan 92,73 persen memilih “Ya” dan hanya 7,27 persen suara “Tidak”. Demikian Iraqi News memberitakan yang dikutip MINA.

Sebelumnya, Komisi menyatakan bahwa hasil suara sementara dari pemilihan Senin, 25 September adalah 72,16 persen suara “Ya”.

Hasil itu diumumkan di tengah penentangan dari pemerintah pusat Irak di Baghdad, Perserikatan Bangsa-Bangsa, Amerika Serikat, Uni Eropa dan kekuatan regional Iran dan Turki.

Menurut mereka, langkah referendum tersebut tidak tepat karena operasi Irak melawan kelompok Islamic State (ISIS) belum selesai.

Perdana Menteri Irak Haider Al-Abadi mengatakan pada Rabu, pemerintahnya masih menolak permintaan pemerintah Kurdi di Erbil untuk negosiasi berdasarkan hasil plebisit yang “tidak konstitusional”.

Pemerintah Baghdad, Ankara dan Teheran telah mengumumkan satu set tindakan pidana di Kurdistan, termasuk penutupan ruang udara dan perbatasan.

Namun, pemimpin Kurdi Presiden Massoud Barzani bersikeras bahwa pemungutan suara adalah hak rakyat Kurdi.

Kurdistan memperoleh pemerintahan otonom aktual berdasarkan konstitusi 2005, tapi masih dianggap sebagai bagian dari Irak. Wilayah ini diciptakan pada tahun 1970 berdasarkan kesepakatan dengan pemerintah Irak yang mengakhiri konflik selama bertahun-tahun.

Baghdad dan Erbil memiliki kedaulatan yang telah lama diperselisihkan mengenai sejumlah daerah, terutama provinsi Kirkuk yang kaya minyak. Kedua pemerintah juga bersaing memperebutkan pendapatan ekspor minyak dari wilayah tersebut. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.