Relawan Rumah Zakat Jakarta Gelar Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

(Foto: Istimewa)

, MINA — Jakarta menyelenggarakan Kampus Relawan berupa pelatihan penanggulangan kebakaran “Fire Disaster” yang dilaksanakan di Kodim 0505/JT Jl. Dr. Sumarno, RT.6/RW.8, Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, pada Ahad (23/10).

Penanggungjawab Program Kampus Relawan, Sayyid Efendy mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kampus Relawan Rumah Zakat Jakarta guna meningkatkan kapasitas relawan sekaligus program edukasi kebencanaan kepada seluruh masyarakat.

“Dengan tema yang kami angkat tentang fire disaster diharapkan semua peserta pelatihan setelah mengikuti agenda ini dapat menerapkan ilmu dan kemampuannya jika kondisi darurat itu terjadi di lingkungannya,” ujar Sayyid.

Mengusung tema “Preventif and Fire Drill,” pelatihan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya yakni Marwanto dari Dinas penanggulangan kebakaran dan penyelamatan Provinsi DKI Jakarta.

Sayyid menjelaskan, dalam pelatihan ini dipaparkan tentang pencegahan kebakaran dengan klasifikasi A, B, C, dan D, serta penanggulangan kebakaran dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan karung goni.

“Ancaman kebakaran kerap kali mengintai warga Ibukota. Hal ini tidak bisa diremehkan, sehingga penting untuk melakukan antisipasi dini guna meminimalisir risiko yang akan ditanggung. Guna meningkatkan kesiagaan dalam kondisi darurat,” pungkasnya.

Agenda ini pun mendapat respon yang baik, sebanyak 110 peserta yang terdiri dari Relawan Rumah Zakat Jakarta, Pramuka Saka Wira Kartika Jakarta Timur, dan peserta umum mengikuti acara ini.

“Kegiatan latihan fire disaster seru banget, keren, lmu nya berguna banget buat keadaan yang genting, apalagi buat kita anak Pramuka yang ingin selalu menjaga lingkungan dan masyarakat sekitar. Jadi pastinya ini momen berharga buat kita yang datang untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Terimakasih Relawan Rumah Zakat semoga ada kegiatan kayak gini lagi ya,” Ungkap peserta pelatihan, Nabila Putri Widyan (17) dengan wajah sumringah.

Pelatihan ini pun di dukung penuh Edu Damkar, Pramuka Saka Wira Kartika Jakarta Timur, dan Kodim 0505 Jakarta Timur. Sinergi yang terjalin baik ini semata-mata demi meningkatkan partisipasi dan peran aktif masyarakat untuk bersama meningkatkan kesadaran mengenai tindakan pencegahan, penanggulangan, dan penyelamatan kebakaran.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)