RIBUAN PENGUNGSI IRAK MENYEBERANG KE SURIAH HINDARI ISIL

Pengungsi Yazidi Kurdi (Gambar: The kurdistan Yazidi)
Pengungsi Kurdi (Gambar: The kurdistan Yazidi)

Sinjar, Irak, 15 Syawwal 1435/11 Agustus 2014 (MINA) – Ribuan , sebagian besar dari masyarakat Kurdi Yazidi, telah menyeberangi perbatasan ke untuk menghindari kekerasan milisi militan (IS/ISIS/) di Irak.

Hari Ahad (10/8), pengungsi Irak dari kota Sinjar itu tiba di Suriah setelah kota tersebut dikuasai  militan ISIL, Press TV yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Kelompok ISIL menuduh masyarakat Kurdi menyembah setan, dan harus mengubah iman kepada Islam paham kelompok pimpinan Abu Bakr Al-Baghdadi itu. Jika tidak, mereka harus membayar pajak keagamaan, melarikan diri atau menghadapi kematian.

Yazidi adalah pengikut agama kuno yang berasal dari Zoroastrianisme, agama yang berasal dari Persia (kini Iran).

Hampir 40.000 warga Irak penganut Yazidi telah berlindung di sembilan lokasi yang berbeda di Gunung Sinjar, di tengah serangan milisi ISIL di wilayah tersebut.

Mereka mengahadapi resiko kelaparan dan beberapa negara mulai menerbangkan bantuan makanan dan air kepada mereka.

Menteri Hak Asasi Manusia Irak, Mohammed Al-Sudani, mengatakan ISIL telah mengeksekusi sedikitnya 500 anggota Yazidi Kurdi sesudah merebut Sinjar pada 3 Agustus lalu, ISIL bahkan membakar hidup-hidup beberapa korbannya, termasuk perempuan dan anak-anak.

Kelompok itu juga dituding telah menculik sekitar 300 wanita untuk dijadikan sebagai budak.

ISIL telah merebut beberapa kota sejak mengintensifkan serangan di Irak pada pertengahan Juni. Tentara Irak terlibat dalam pertempuran sengit dengan militan ISIL untuk mengusir  satuan ISIL  itu keluar dari daerah yang dikuasainya.

Ratusan ribu warga minoritas Shabak di Irak Utara, yang mayoritas berpaham Syiah, juga mengungsi ke Erbil setelah berjalan kaki berhari-hari dari distrik Al-Hamdaniyah di Provinsi Nineveh, Irak Utara, setelah ISIL mengambil alih kota-kota mereka dan memaksa mereka untuk melarikan diri. (T/P09/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://presstv.com/detail/2014/08/11/374881/1000s-of-iraqi-refugees-cross-into-syria/

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0