Ribuan Warga Gaza Palestina Protes Pemerintahan Hamas

Ilustrasi: orang miskin di Gaza, Palestina, (Foto: dok. AA)

, MINA – Pada hari Ahad, 30 Juli, ribuan warga Palestina di daerah kantong pantai yang diblokade bergabung dalam pawai yang jarang terjadi melawan Hamas, kelompok Islamis yang menguasai Jalur Gaza.

Berlangsung di kota-kota Gaza, Rafah, Khan Younis serta kamp pengungsi Jabalia, para pengunjuk rasa meneriakkan hidup keras mereka di tengah , pengangguran, dan pemadaman listrik.

Para pengunjuk rasa membawa slogan-slogan yang bertuliskan “Kami harus hidup bermartabat”, “Kami membutuhkan listrik, air, dan pekerjaan”, “Kami berhak untuk bekerja dan memberi makan keluarga kami”, dan “Kami ingin memilih pemerintahan kami sendiri”.

Mohammed, salah satu pengunjuk rasa, berkata kepada The New Arab (TNA), “Kami lelah hidup dalam penghinaan selama bertahun-tahun yang akan datang. Pihak berwenang di Gaza tidak peduli dengan penderitaan kami dan tidak ingin mencari solusi radikal untuk masalah yang kami miliki, menderita selama bertahun-tahun.”

“Apakah Hamas ingin kita diam selamanya? Keluarga kita menderita kemiskinan dan kelaparan serta kekurangan kebutuhan hidup minimum, yaitu listrik, air, dan pekerjaan,” tambahnya.

Sami, pengunjuk rasa lain dari Rafah, mengatakan kepada TNA bahwa “inilah saatnya kita bersuara melawan ketidakadilan. Kita sudah lama tinggal di Gaza.”

“Kami menentang banyak perang Israel dan mendukung perlawanan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, tetapi yang terjadi adalah hidup kami berubah dari situasi yang buruk menjadi lebih buruk,” kata pengunjuk rasa yang tidak puas itu.

“Kita perlu hidup dalam damai dan mendapatkan semua hak asasi kita tidak hanya dari Israel tapi juga dari Hamas dan Fatah juga,” tambahnya.

Meski pawai berlangsung damai dan tidak terjadi kerusuhan, aparat keamanan Hamas membubarkan para demonstran dan merusak ponsel beberapa warga yang mendokumentasikan acara tersebut.

Sementara itu, pejabat Hamas mengklaim bahwa protes tersebut diselenggarakan oleh orang-orang yang melarikan diri, terutama dari Gaza, untuk mengacaukan keamanan dan stabilitas Jalur Gaza.

“Mereka ingin berinvestasi dalam penderitaan warga untuk mencapai tujuan mencurigakan mereka, alih-alih meminta tanggung jawab pendudukan Israel atas kejahatannya di Gaza,” kata para pejabat, yang memilih untuk tidak menyebutkan nama mereka, kepada TNA.

Lebih dari 2,3 juta warga Palestina menderita kondisi kehidupannya yang menantang akibat blokade Israel, serta perpecahan internal antara Hamas yang menguasai Gaza dan Fatah yang menguasai Ramallah sejak 2007.

Sejak itu, Israel melancarkan lima perang skala besar terhadap wilayah tersebut, membunuh dan melukai ribuan warga Palestina dan menghancurkan sebagian besar industri lokal.

Akibatnya, kondisi yang belum pernah terjadi sebelumnya menghancurkan kehidupan ekonomi di Gaza dan menyebarkan kemiskinan, pengangguran dan memaksa ribuan warga Palestina meninggalkan Gaza. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.