Roadshow Bus Antikorupsi KPK 2022 di Bandar Lampung

Bandar , MINA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi membuka Roadshow Bus KPK di Lampung dengan menyongsong tema: Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi di provinsi kedua di Kota Tapis Berseri Bandar Lampung, Lampung.

Sebagai kota kelima, kegiatan ini mengangkat sub tema “Sederhana” sebagai salah satu dari Sembilan nilai antikorupsi yang KPK tanamkan di Kota Bandar Lampung. Demikian rilis yang diterima MINA, Jum’at (23/9).

Ketua KPK, diwakili Deputi Pendidikan dan Peran Masyarakat, Wawan Wardiana dalam sambutannya menyampaikan, Roadshow Bus Antikorupsi menjadi representasi kehadiran KPK secara langsung di tengah masyarakat, khususnya di Kota Bandar Lampung dan menjadi upaya KPK dalam memberikan sosialisasi dan pendidikan antikorupsi kepada masyarakat Indonesia secara luas.

“Sebab itu, upaya-upaya ini harus dilakukan b ersama, berkolaborasi dalam rangka memberantas tindak pidana korupsi. Hal ini sejalan dengan semangat Trisula Pemberantasan Korupsi KPK di mana pendidikan menjadi salah satu poin utama untuk memberantas korupsi di Indonesia,” ujar Wawan.

Wawan mengungkapkan, berdasarkan data KPK sampai bulan Desember 2021, tercatat 1.462 orang terlibat tindak pidana korupsi dari berbagai profesi dan latar belakang yang ditangani oleh KPK.

Jika melihat dari sisi usia, para pelaku tindak pidana korupsi dari tahun ke tahun pada usia muda semakin banyak yang terlibat.

“Jika terus menerus dilakukan penangkapan, apakah memang itu yang diinginkan oleh masyarakat. Untuk itu, KPK mengubah strategi penindakan melalui trisula strategi pemberantasan korupsi yaitu melalui pendidikan,” ungkap Wawan.

Berantas Korupsi dengan Pendidikan dan Pencegahan

Melalui pendidikan, KPK berupaya membangun nilai-nilai antikorupsi dan nilai integritas kepada seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, upaya pencegahan korupsi menurut Wawan perlu terus dilakukan dengan menyulut partisipasi publik.

“Masyarakat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pemberantasan korupsi, karena peningkatan partisipasi publik berbanding lurus dengan semakin cepatnya bangsa ini melenyapkan korupsi. Peningkatan peran serta masyarakat tentu sangat dibutuhkan saat ini,” jelas Wawan.

KPK berharap masyarakat dapat menjadi mata, telinga, dan kepanjangan tangan KPK di seluruh wilayah Indonesia untuk melihat, mendengar, dan melaporkan segala bentuk kecurangan atau perilaku tindak pidana korupsi.

KPK juga tak henti mengajak masyarakat untuk memegang teguh integritas dalam diri. Integritas tersebut, harus dipupuk sejak dini, mulai dari bangku sekolah dasar, menengah, atas, dan perguruan tinggi.

Harapannya, kelak mereka akan menduduki posisi sebagai penyelenggara negara maupun swasta, integritas tersebut akan menjadi pelindung dari perilaku koruptif.

Sementara, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyambut baik kegiatan tersebut.

“Dengan adanya Roadshow Bus KPK 2022 diharapkan dapat membangun sinergitas dan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dalam berbagai program-program KPK, sehingga pemberantasan korupsi dapat hadir secara nyata di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat berdampak baik dalam menjauhi korupsi di lingkungan Pemprov Lampung,” kata Arinal.

Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana menyampaikan apresiasinya kepada KPK karena telah hadir dan memilih Kota Bandar Lampung sebagai kota kelima Roadshow Bus KPK. Kegiatan ini, menurutnya dapat mengedukasi masyarakat untuk bersama memberantas korupsi.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat berdampak pada perubahan perilaku yang kurang baik. Selain itu, pemberantasan korupsi perlu melibatkan berbagai pihak, sesuai dengan kehidupan dan kapasitas masing-masing,” kata Eva.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Jejaring Pendidikan, Kedeputian Pendidikan dan Peran Masyarakat KPK Aida Ratna Zulaiha, Wakil Gubernur Chusnunia Chalim, Wakil Wali Kota Bandar Lampung Deddy Amrullah, Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung Sukarma Wijaya, seluruh Kepala OPD di pemerintah Kota Bandar Lampung, seluruh kepala BUMD dan BUMN di Kota Bandar Lampung, serta jajaran perwakilan direktorat kerja di KPK. (R/ara/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.