Rumah Zakat Dirikan Dua Pos Bantuan, untuk Penyintas Erupsi Gunung Semeru

Lumajang, Jawa Timur, MINA – mendirikan dua pos untuk penyitas erupsi Gunung , Lumajang, Jawa Timur pada Senin (6/12).

“Tujuan mendirikan adalah untuk memudahkan penyaluran bantuan yang merupakan titipan dari donatur, bagi masyarakat terdampak erupsi dan banjir lahar Gunung Semeru pada Sabtu (4/12) pukul 13.20 WIB di Kec. Candipuro dan Kec. Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur,” Demikian Koordinator Rumah Zakat Action Izzatul Yazid, dalam keterangan yang diterima MINA.

Ia mengatakan selanjutnya, hingga kini Rumah Zakat sudah menurunkan 15 relawan  untuk membantu masyarakat di Candipuro.

“Dalam hal ini, Rumah Zakat melakukan pelayanan kesehatan, pelayanan ambulan, penyauran 300 kornet Superqurban untuk dapur umum, pembagian masker dan makanan siap santap,” ucapnya.

“Kami juga membawa tiga ambulance dan satu unit mobil rescue untuk mempermudah evakuasi warga,  pelayanan Kesehatan serta penyediaan oksigen bagi yang membutuhkan,” kata Izzatul Yazid.

Ia menjelaskan, evakuasi serta penanganan korban penyitas Semeru masih terus dilakukan dengan seluruh jajaran, seluruh alut dan untuk laporan korban hilang belum ada konfirmasi yang masuk.

“Alhamdulillah, Awan Panas sudah berhenti dikarenakan kondisi hujan di sekitaran puncak, sehingga membuat mubah larva di puncak tidak stabil, ada interaksi air dengan gas. Hingga saat ini status Gunung Semeru masih waspada level 2 dan kondisi udara menurut radar Accuweather Udara mencapai tingkat polusi tinggi dan tidak sehat untuk kelompok yang sensitif,” ucapnya.

“Berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan penyintas, terlihat bahwa mereka memerlukan masker, makanan siap saji, air mineral, makanan bayi dan balita, selimut, alas tidur, obat-obatan, serta air bersih. InsyaAllah kita akan berupaya untuk menyalurkan bantuan sesuai keperluan penyintas,” tutur Yazid.

Sementara itu antusiasme donatur yang menitipkan donasi bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru terus berdatangan. Oleh karena itulah Rumah Zakat terus berupaya menyiapkan kanal-kanal donasi untuk memudahkan para donatur.

“Saat ini donatur bisa berdonasi untuk penyintas erupsi Gunung Semeru melalui website. Caranya klik rumahzakat.org/donasi/bencana-nasional. Tak perlu konfirmasi dan dapat berdonasi via transfer virtual account, e wallet, dan juga kartu kredit,” kata Yazid. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.