Santri TPA Pringsewu Lampung Galang Dana Bantu Suriah

Pringsewu, 16 Shafar 1438 H/ 16 November 2016 (MINA) – Sejumlah Santri Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Masjid At-Taqwa Pringkumpul, Pringsewu, Lampung turun ke jalan menggalang dana untuk membantu korban perang Suriah, Rabu, (16/11).

Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) Pringsewu, Arif Asy’ari melaporkan, aksi galang dana yang diinisiasi oleh Aqsa Working Group (AWG) Perwakilan Pringsewu dimulai Senin (15/11) ini dengan melibatkan pemuda dan masyarakat sekitar.

Koordinator AWG Perwakilan Pringsewu, Muhammad Amrizal kepada MINA mengatakan, santri TPA antusias sekali membantu penggalangan dana ini.

“Memang kami menyerukan bagi pemuda, warga, dan siapapun yang ingin bergabung beramal membantu Korban Perang Suriah, tapi di luar dugaan santri-santri TPA menyambut seruan ini dan antusias turun ke jalan untuk menggalang dana bersama pemuda dan relawan AWG Pringsewu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Amrizal mengatakan menyambut keinginan para santri sebagai pembelajaran sejak dini untuk peduli terhadap sesama.

“Tentu ini baik bagi anak-anak sebagai pembelajaran sejak dini untuk peduli terhadap saudaranya, kita tahu banyak korban anak-anak dalam perang Suriah tersebut,” ujarnya.

Salah seorang santri, Aisyah Binti M. Toridi mengatakan ikut menggalang dana karena iba melihat korban yang juga banyak anak-anak seusia mereka.

“Kasihan lihat orang Suriah, kan banyak anak-anak juga jadi korban perang, makanya ikut ngebantu ngumpulin duit untuk mereka,” katanya.

AWG merupakan Lembaga yang juga concern terhadap nasib pengungsi akibat korban perang berkepanjangan di Suriah.

AWG bekerja sama dengan berbagai organisasi kemanusiaan. Dalam program bantuan untuk pengungsi Suriah, AWG bekerja sama dengan Majelis Pertimbangan Pertubuhan Islam Malaysia (MAPPIM), akan merangkul semua komponen umat untuk berpartisipasi dalam mengumpulkan dana peduli Suriah.

Ditargetkan 1,4 Milyar Rupiah yang akan dikumpulkan LSM se-ASEAN akan disalurkan ke pengungsi Suriah pada Januari 2017 mendatang di mana musim dingin semakin memperburuk kondisi pengungsi.

Untuk penyaluran bantuan dapat melalui Rek. Bank Syariah Mandiri atas nama Yayasan Al Aqsa Haqquna dengan No Rek. 7457788996. (L/ari/K08-P2).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)