Sejuta Orang Menentang Normalisasi Israel dan Tandatangani Piagam Palestina

Abu Dhabi, MINA – Sekitar satu juta orang menandatangani dokumen Piagam dan diluncurkan oleh aktivis dari Uni Emirat Arab (UEA) yang menentang normalisasi hubungan negaranya dengan Israel.

Kelompok mengumumkan bahwa jumlah penandatangan “” telah mencapai satu juta.

“Perasaan tanggung jawab mendorong kami untuk meluncurkan kampanye Rakyat Melawan Normalisasi dan menandatangani Piagam Palestina yang bertepatan dengan perjanjian normalisasi antara UEA dan Bahrain dengan Israel,” kata kelompok tersebut, demikian WAFA melaporkan, Rabu (16/9).

Liga Emirat bekerja sama dengan sekelompok organisasi Arab dan internasional dalam meluncurkan kampanye mendukung perjuangan Palestina dan menolak normalisasi dengan menandatangani Piagam Palestina elektronik, dengan memberi tanda “Rakyat Menentang Normalisasi” di semua situs media sosial.

Penandatanganan piagam ini hadir dalam konteks langkah untuk menyatakan penolakan terhadap perjanjian normalisasi oleh UEA dan Bahrain dengan Israel, yang secara resmi ditandatangani di Washington.

Diketahui bahwa pada Selasa (15/9), UEA dan Bahrain melakukan penandatangan perjanjian normalisasi dengan pendudukan Israel.

Kesepakatan tersebut menjadikan mereka negara Arab ketiga dan keempat yang mengambil langkah normalisasi dengan Israel setelah Mesir pada 1979 dan Yordania pada 1994.

Kesepakatan tersebut mendapat kecaman oleh sebagian negara Islam dan umat Islam, karena kebijakan normalisasi Israel yang dilakukannya melukai perjuangan umat Islam serta pemerintah dan rakyat Palestina. (T/SR/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.