Saudi Siapkan Robot Pemandu Jamaah Haji dan Umrah Yang Bisa 11 Bahasa

Riyadh, MINA – Pemerintah Arab Saudi menyiapkan robot pemandu jamaah dan haji yang bisa memberikan layanan informasi dalam 11 bahasa.

Robot yang ditempatkan di beberapa titik di kawasan Masjidil Haram dan sekitarnya dapat diakses dalam 11 bahasa: Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, Cina, Bengali, dan Hausa. Arab News melaporkan, Ahad (15/5).

Robot memandu peziarah tentang bagaimana melakukan ritual umrah dan haji, mengeluarkan fatwa, menjawab pertanyaan dan memberikan kesempatan bagi orang untuk berkomunikasi dengan ulama dari jarak jauh.

Robot beroda empat ini memiliki layar sentuh 21 inci dan dilengkapi dengan sistem penghentian cerdas yang memungkinkan mereka untuk dipindahkan dengan mudah dan lancar.

Alat canggih itu juga memiliki kamera resolusi tinggi yang memberikan kejelasan dalam mentransmisikan gambar, headphone resolusi tinggi, dan mikrofon dengan kualitas tangkapan tinggi yang memungkinkan transmisi suara yang jernih.

Robot bekerja pada sistem jaringan nirkabel Wi-Fi dengan kecepatan 5 GHz yang memungkinkan transmisi data yang cepat dan tinggi. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.