Sebanyak 27.300 Orang Meninggal Akibat Gempa di Turkiye dan Suriah

Sejumlah personil melakukan pencarian korban melakukan di reruntuhan bangunan di Turkiye.(Foto: Anadolu Agency)

Ankara, MINA – Korban meninggal akibat musibah gempa di dan mencapai 23.700 menurut keterangan pejabat setempat, Al Jazeera melaporkannya, Sabtu (11/2).

Jumlah kematian korban gema bumi di Turkiye telah meningkat menjadi setidaknya 20.213 dengan 80.052 lainnya dilaporkan terluka.

Sementara jumlah total kematian di Suriah mencapai 3.384, termasuk 2.166 di daerah yang dikuasai oposisi di barat laut dan 1.347 kematian di bagian Suriah yang dikuasai pemerintah, menurut media pemerintah Suriah

Jumlah orang yang terluka di Suriah di seluruh wilayah yang terkena dampak mencapai 5.245, dengan 2.295 di daerah yang dikuasai pemerintah dan 2.950 di daerah yang dikuasai oposisi.

Gempa berkekuatan 7,7 dan 7,6 yang berpusat di provinsi Kahramanmaras, Senin (6/2), berdampak pada lebih dari 13 juta orang di 10 provinsi, seperti Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Beberapa negara di kawasan itu, termasuk Suriah dan Lebanon, juga merasakan getaran kuat.

Wakil Presiden Turkiye Fuat Oktay mengatakan pada konferensi pers di ibukota negara Ankara, 67 orang diselamatkan dari puing-puing dalam 24 jam.

Oktay menambahkan lebih dari 1 juta warga telah ditampung di pusat penampungan sementara. (T/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.