Sekolah Insan Mandiri Cibubur Cetak Kader Hafizh Al-Quran

(Foto: Istimewa)

Bekasi, MINA – Terpadu Cibubur (IMC) merupakan salah satu sekolah Tahfizh Al-Quran di Nusantara yang menerapkan kurikulum Project Based on Qur’an (PBQ).

Direktur Sekolah Islam Terpadu Insan Mandiri Cibubur Munif Chatib mengatakan, kurikulum PBQ ini adalah kurikulum yang menciptakan pendidikan terintegrasi tidak hanya sekedar mengetahui atau hafal namun mampu menerapkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Artinya aktivitas sehari-hari di Sekolah Islam Terpadu Insan Mandiri Cibubur merupakan hafalan atau tahfizh yang telah santri kuasai,” kata Munif dalam keterangan tertulisnya yang diterima MINA, Kamis (7/4).

Dia menjelaskan, Sekolah IMC sendiri mempunyai program khusus atau program takhosus selama satu bulan saja para santri dapat menghafalkan 30 juz Al-Qur’an menjadi Hafizh Qur’an yang diberi nama dengan “Program Qur’an Camp”.

Adapun metode yang digunakan adalah “Metode Yadain.” Metode Yadain adalah adalah metode dengan menggunakan kedua tangan karena yadain merupakan bahasa arab yang mempunyai makna dua tangan.

“Ketika menghafalkan ayat tentang kebaikan, maka tangan kanan yang digunakan. Adapun tangan kiri digunakan kerika para santri sedang menghafalkan ayat-ayat tentang keburukan dan dosa-dosa,” jelas Munif.

Adapun para santri yang sudah lulus menyelesaikan dan mengkhatamkan 30 juz Al-Quran mereka diantaranya adalah Sahil Rosikhul Umam Nawawi. Kemudian ada pula Muhammad Royyan Abdul Majid, Hasbin Najib dan masih banyak lagi.

Mushaf yang digunakan pun adalah mushaf Khusus yaitu “Al-Qur’an Yadain”. Ustaz Husein Al-Haddad selaku pengasuh “Program Qur’an Camp” menyampaikan dalam menghafalkan Al-Quran dengan “Metode Yadain”, para santri setiap harinya hafalannya selau bertambah, mulai dari hari pertama 5 halaman, hari kedua 10 halaman, hari ketiga 20 halaman.

“Bahkan ada santri yang mampu menghafalkan dalam sehari sebanyak 56 halaman. Subhanallah, Allahu Akbar,” ungkapnya.

Ustaz Husein menambahkan, pencapaian selama ini merupakan motivasi dan kebahagian tersendiri yang dirasakan dan dialami oleh para santri Insan Mandiri Islamic Boarding School dalam menghafalkan Al-Quran.

Sekolah Islam Terpadu Insan Mandiri Cibubur (IMC) Bekasi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya (YPSJ) merupakan cikal bakal munculnya SMA IT dan SMP IT Insan Mandiri serta SD Silaturahim Islamic School.

IMC berdiri pada Juli 2012 dengan sistem boarding school atau sekolah berasrama yang berada di lingkungan kampung Kalimanggis, Jatikarya, Jayasampurna, Bekasi.

Saat ini, sekolah Insan Mandiri Cibubur Islamic Boarding School diperuntukan khusus bagi siswa Putra, dan menjadi pionir dalam pengembangan Project Based Qur’an (PBQ).(L/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.