Serbu Israel, Teheran Tegaskan Sebagai Balasan Atas Serangan ke Konsulat Iran di Suriah

Iran kirim ratusan drone dan rudal jelajah serang Israel. (Foto: Press Tv)

Jakarta, MINA – Kedutaan Besar di Jakarta menjelaskan, serangan ke sejumlah titik di wilayah pendudukan merupakan balasan atas penargetan pembunuh terhadap sejumlah jenderal penting Iran yang dilakukan Israel secara terus-menerus.

“Langkah hari ini juga sekaligus merupakan pembalasan secara khusus terhadap serangan militer rezim Zionis pada tanggal 01 April 2024 terhadap fasilitas diplomatik Iran di Damaskus-Suriah,” tulis pernyataan resmi Kedutaan Besar Iran di Jakarta yang diterima MINA, Ahad (14/4).

Pernyataan tersebut menambahkan, Iran mempergunakan kesempatan ini untuk menekankan kembali kepatuhannya terhadap prinsip-prinsip dan tujuan Piagam serta hukum internasional.

“Begitu juga Iran menegaskan tekad tegasnya untuk mempertahankan kedaulatan, integritas wilayah, dan kepentingan nasionalnya terhadap berbagai bentuk penggunaan ilegal kekuatan dan agresi,” tulis pernyataan itu.

Baca Juga:  Warga Gaza yang Terluka Kesulitan Cari Tempat Perawatan Medis

Pernyataan tersebut menyebutkan, tindakan defensif Iran dalam menjalankan haknya untuk membela diri menunjukkan pendekatan bertanggung jawab Iran terhadap perdamaian dan keamanan regional dan internasional.

“Pada saat tindakan ilegal dan yang dilakukan oleh rezim apartheid Zionis terhadap bangsa dan agresi militer terhadap pemerintah negara-negara di kawasan dengan tujuan memperluaskan api peperangan terus dilakukan oleh rezim Zionis,” katanya.

Pernyataan itu juga menegaskan, apabila diperlukan, maka Iran tidak akan ragu untuk mengambil tindakan yang lebih defensif untuk melindungi kepentingan sahnya dari tindakan militer agresif dan penggunaan kekuatan ilegal. (L/R2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.