Seri Rezeki: Kunci Rezeki ke (2) Takwa

Oleh Bahron Ansori, wartawan MINA

Jika dalam tulisan sebelumnya, yang pertama adalah Istighfar dan Taubat, maka kunci rezeki yang kedua adalah . Setiap Muslim pasti ingin menjadi orang yang bertaqwa. Namun, apa dan seperti apa takwa itu, dalam tulisan ini akan dibahas juga hakikat takwa itu sendiri. Bagaimana orang yang bertakwa bisa mendapat jaminan dari Allah untuk tidak ragu dengan rezekinya? Berikut ulasannya.

Definisi Takwa

Para Ulama telah banyak menjelaskan apa yang dimaksud dengan takwa. Di antaranya, Imam Ar-Raghib Al-Ashfahani rahimahullah misalnya. Mendefinisikan, โ€œTakwa adalah menjaga jiwa dari perbuatan yang membuatnya berdosa, hal itu dengan meninggalkan apa yang dilarang, dan menjadi lebih sempurna dengan meninggalkan sebagian yang dihalalkan.โ€ย (Al-Mufrodat fii Gharibil Qurโ€™an, hal.531)

Lalu, Imam An-Nawawi mendefinisikan Takwa dengan, โ€œMenaati perintah dan (meninggalkan) larangan-Nya.โ€ Maksudnya, menjaga diri dari kemurkaan dan adzab Allah.ย (Tahriru Alfahzt Tanbih, hal. 322)

Sementara itu, Imam Al-Jurjani mendefinisikan takwa, โ€œTakwa adalah menjaga diri dari perbuatan yang dapat mengakibatkan mendapat siksa, baik dengan melakukannya (yang diharamkan) ataupun meninggalkannya (yang dihalalkan).โ€ย (Kitabut Taโ€™rifat, hal.68)

Merujuk pada definisi takwa di atas, maka jika ada orang yang melakukan perbuatan dosa; menatap yang haram, mendengar hal maksiat dan melakukan sesuatu yang Allah larang, termasuk memelihara hati yang culas, hasad dan niat buruk, itu artinya dia bukan orang yang bertakwa.

Dengan kata lain, orang yang tidak berhati-hati dalam menjalani kehidupan ini dan melanggar semua larangan Allah Taโ€™ala, dia bukanlah orang yang bertakwa. Orang-orang yang seperti inilah kelak akan mendapat kerugian yang besar di akhirat.

Takwa dan Rezeki

Banyak dalil baik dari al Quran maupun as Sunnah yang menjelaskan bahwa takwa adalah salah satu kunci rezeki di antara sekian banyak kunci rezeki lainnya. Terkait takwa sebagai kunci rezeki ini, Allah Taโ€™ala sudah berfirman,

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุชู‘ูŽู‚ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูŠูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุฎู’ุฑูŽุฌู‹ุง ุŒ ูˆูŽูŠูŽุฑู’ุฒูู‚ู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุญูŽูŠู’ุซู ู„ูŽุง ูŠูŽุญู’ุชูŽุณูุจู

โ€œDan barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.โ€ย (Qs. Ath-Thalaq: 2-3)

Dalam ayat di atas, Allah menjelaskan setiap orang-orang yang merealisasikan ketakwaannya, akan diberikan balasan oleh Allah dengan dua hal. Pertama,ย โ€Allah akan membukakan jalan keluar baginya.โ€ Artinya, Allah akan menyelamatkannya โ€“sebagaimana dikatakan Ibnu Abbas ra.- dari setiap kesusahan dunia maupun akhirat.ย (Tafsirul Qurthubi, 18/159).

Sungguh, penyelamatan Allah kepada hamba-Nya di hari kiamat adalah nikmat yang jauh amat besar bila dibanding nikmat lainnya. Sebab tidak ada satupun manusia kelak yang akan selamat di akhirat kecuali atas kasih sayang Allah semata.

Kedua,ย โ€œAllah akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.โ€ Ini artinya, Allah akan memberinya rezeki yang tak pernah diharapkan dan dibayangkan.โ€ย (Zaadul Masir, 8/291-292). Masya Allah, setiap rezeki yang diterima orang beriman adalah nikmat tak terhingga. Dan, rezeki dari Allah bukan semata-mata berupa materi.

Al-Hafizh Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan, โ€œMakna (ayat di atas), adalah siapa yang bertakwa kepada Allah dengan melakukan apa yang diperintahkan-Nya dan meninggalkan apa yang dilarang-Nya, niscaya Allah akan memberinya jalan keluar (dari setiap kesulitan) serta rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka, yakni dari arah yang tidak pernah terlintas dalam benaknya.โ€(Tafsir Ibnu Katsir, 4/400)

Di ayat lain, Allah Taโ€™ala telah menjelaskan,

ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽู‰ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูˆูŽุงุชู‘ูŽู‚ูŽูˆู’ุง ู„ูŽููŽุชูŽุญู’ู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ูƒูŽุฐู‘ูŽุจููˆุง ููŽุฃูŽุฎูŽุฐู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู’ ุจูู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ููˆุง ูŠูŽูƒู’ุณูุจููˆู†ูŽ

โ€œJikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.โ€ย (Qs. Al-Aโ€™raf: 96)

Ayat di atas sangat jelas memberikan gambaran kepada setiap Muslim, bahwa jika sebuah komunitas itu beriman, beramal shaleh, maka sudah sepantasnya mereka akan mendapatkan keberkahan dari Allah secara melimpah yang diturunkan dari langit bahkan akan dikeluarkan keberkahan itu dari dalam perut bumi. Namun, sayang sekali, penduduk suatu negeri itu lebih senang mengikuti hawa nafsunya dengan melalaikan segala perintah Allah Taโ€™ala, maka wajar akhirnya mereka akan mendapatkan azab dari Allah.

Setidaknya ada beberapa ayat lain yang menjadi penegas bahwa orang yang bertakwa rezekinya akan dijamin oleh Allah Taโ€™ala. Di antara ayat-ayat lain itu adalah, Allah berfirman,

ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽู‚ูŽุงู…ููˆุง ุงู„ุชู‘ูŽูˆู’ุฑูŽุงุฉูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุฅูู†ู’ุฌููŠู„ูŽ ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูู†ู’ุฒูู„ูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุฑูŽุจู‘ูู‡ูู…ู’ ู„ูŽุฃูŽูƒูŽู„ููˆุง ู…ูู†ู’ ููŽูˆู’ู‚ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽู…ูู†ู’ ุชูŽุญู’ุชู ุฃูŽุฑู’ุฌูู„ูู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ุฃูู…ู‘ูŽุฉูŒ ู…ูู‚ู’ุชูŽุตูุฏูŽุฉูŒ ูˆูŽูƒูŽุซููŠุฑูŒ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ุณูŽุงุกูŽ ู…ูŽุง ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ููˆู†ูŽ

โ€œDan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat dan Injil dan (Al Quran) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas dan dari bawah kaki mereka. Di antara mereka ada golongan yang pertengahan. Dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka.โ€ย (Qs. Al-Maโ€™idah: 66)

Allahuakbarโ€ฆayat di atas semakin menambah keyakinan orang beriman, bahwa siapa pun dari setiap Muslim yang berusaha sungguh-sungguh mengamalkan kandungan dari al Qurโ€™an dan as Sunnah, maka Allah jamin pasti akan menurunkan rezeki kepada para pengamal syariat-Nya dari bawah kaki mereka (bumi). Namun, sayang lebih banyak di antara manusia itu yang menzalimi dirinya sendiri dengan meninggalkan aturan al Qurโ€™an dan as Sunnah.

Bahkan, dalam Qs. Jin ayat 16, Allah Taโ€™ala juga mengatakan dalam firman-Nya,

ูˆูŽุฃูŽู„ู‘ูŽูˆู ุงุณู’ุชูŽู‚ูŽุงู…ููˆุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุทู‘ูŽุฑููŠู‚ูŽุฉู ู„ูŽุฃูŽุณู’ู‚ูŽูŠู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู’ ู…ูŽุงุกู‹ ุบูŽุฏูŽู‚ู‹ุง

โ€œDan bahwasanya: jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezki yang banyak).โ€ย (Qs. Al-Jin: 16).

Pilihannya ada pada kita, apakah kita mau menjadi hamba Allah yang bertakwa dengan berusaha semaksimal mungkin menjalankan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala apa yang telah dilarang-Nya untuk mendapatkan jaminan rezeki dari Allah? Atau sebaliknya, wallahuaโ€™lam. (A/RS3/P1)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: bahron

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.