Khutbah Jumat Masjid Nabawi. Seruan Dukungan untuk Palestina

Oleh: Syeikh Ali bin Abdurrahman Al Hudzaifi

Mari bantu Palestina

الحمد لله ذي الجلال والإكرام، الملك القدوس السلام، نحمده سبحانه على نعمه التي نعلمه والتي لا نعلم

وأشهد أن لا إله الإ الله وحده لا شريك له، ذو الفضل والإنعام، وأشهد أن نبينا وسيدنا محمدا عبده ورسوله الذي بعث بأفضل الشرائع والأحكام، 

اللهم صل وسلم وبارك علي عبدك ورسولك محمد، وعلى آله وصحبه الكرام، 

أما بعد

فاتقوا الله تعالى بأداء حقوقه، واتقوا الله بقيام بحقوق حلقه، فقد فاز من اتقى، وقد خسر من ضيع الحقوق وطغى وبغى،

قا الله تعالى { وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا (2) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ }

وقال تعالى {  وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا (5) }

وقال تعالى { فَأَمَّا مَنْ طَغَى (37) وَآثَرَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا (38) فَإِنَّ الْجَحِيمَ هِيَ الْمَأْوَى (39) وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَىٰ (40) فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَىٰ (41)}

فسعادة الإنسان وحياته الطيبة في الدنيا والآخرة بالقيام بحقوق الرب جل وعلا

Kebahagiaan manusia dan kebaikan hidupnya di dunia dan akhirat adalah dengan menunaikan hak-hak Rabbnya Jalla wa ‘Ala

Dan dengan menunaikan hak-hak ciptaanNya

Sedangkan kesengsaraan, kerugian manusia, kebinasaannya serta keabadiaanya di neraka Jahannam adalah karena mengabaikan hak-hak Allah Ta’ala dan hak-hak ciptaanNya serta perbuatan dhalimnya kepada mereka

Allah Ta’ala berfirman:

{ وَتِلْكَ ٱلْقُرَىٰٓ أَهْلَكْنَٰهُمْ لَمَّا ظَلَمُوا۟ وَجَعَلْنَا لِمَهْلِكِهِم مَّوْعِدًا }

“Dan (penduduk) negeri telah Kami binasakan ketika mereka berbuat zalim, dan telah Kami tetapkan waktu tertentu bagi kebinasaan mereka.” (Al Kahfi: 59)

Maka kebaikan seluruh alam itu kembali kepada keimanan dan ilmu yang bermanfaat serta amal shalih dan keadilan

Dan kehancuran seluruh alam itu kembali kepada kefasikan dan kejahatan serta kedhaliman manusia terhadap sesamanya.

Dan dalam rangka memperbaiki manusia dan melindunginya dari kedhaliman yang mengakibatkan kehancuran kehidupannya, maka Allah berlakukan syariat, menghalalkan yang halal serta mengharamkan yang haram dan menjelaskan kewajiban-kewajiban mereka, dan menerangkan hak-hak dan mewajibkan pemenuhannya, agar dengan itu manusia menapaki kehidupannya di dunia dan kehidupannya paska kematian, maka Allah pun mewajibkan mereka untuk saling tolong menolong dalam kebaikan, mewajibkan mereka saling menyayangi dan berlemah lembut, dan menolong yang terdhalimi, serta mengupayakan kebaikan dan mencegah keburukan dan penganiayaan. Demikian sebab kehidupan tidak akan bisa jadi baik kecuali dengan hal-hal itu.

Dari Nu’man bin Basyir radliallahu’anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda 

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

“Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mengasihi, mencintai, dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga dan panas (turut merasakan sakitnya).” (HR. Bukhari no. 6011 dan Muslim no. 2586)

Dan dari Ibnu Umar radliallahu’anhuma ia berkata, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda 

الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ مَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ بِهَا كُرْبَةً مِنْ كُرَباتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

“Seorang muslim dengan muslim yang lain adalah bersaudara. Ia tidak boleh berbuat zhalim dan aniaya kepada saudaranya yang muslim. Barang siapa yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Barang siapa membebaskan seorang muslim dari suatu kesulitan, maka Allah akan membebaskannya dari kesulitan pada hari kiamat.” (HR Abu Daud, At Tirmidzi dan An Nasai)

Dan dari Abu Musa radliallahu’anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda

الْمُؤْمِنَ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

“”Sesungguhnya seorang mukmin dengan mukmin lainnya seperti satu bangunan yang saling menguatkan satu sama lain. ” kemudian beliau menganyam jari jemarinya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dan dari Jabir radliallahu’anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda 

مَا مِنْ امْرِئٍ يَخْذُلُ امْرَأً مُسْلِمًا فِي مَوْضِعٍ تُنْتَهَكُ فِيهِ حُرْمَتُهُ وَيُنْتَقَصُ فِيهِ مِنْ عِرْضِهِ إِلَّا خَذَلَهُ اللَّهُ فِي مَوْطِنٍ يُحِبُّ فِيهِ نُصْرَتَهُ وَمَا مِنْ امْرِئٍ يَنْصُرُ مُسْلِمًا فِي مَوْضِعٍ يُنْتَقَصُ فِيهِ مِنْ عِرْضِهِ وَيُنْتَهَكُ فِيهِ مِنْ حُرْمَتِهِ إِلَّا نَصَرَهُ اللَّهُ سبحانه وتعالى فِي مَوْطِنٍ يُحِبُّ فيه نُصْرَتَهُ

“Tidaklah seseorang menelantarkan seorang mukmin pada suatu tempat yang kehormatannya terampas dan harga dirinya terlecehkan, melainkan Allah akan menelantarkannya pada suatu tempat yang ia sangat mengharapkan pertolongann-Nya. Dan tidaklah seseorang menolong seorang muslim yang berada pada suatu tempat yang kehormatannya terampas dan harga dirinya terlecehkan di dalamnya, melainkan Allah akan menolongnya pada suatu tempat yang ia sangat mengharapkan pertolongan-Nya.” (HR Abu Daud)

Allah Ta’ala berfirman

{ وَٱلْمُؤْمِنُونَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَآءُ بَعْضٍ }

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain,” (At Taubah: 71)

Seorang muslim selalu bersama saudaranya muslim baik dalam situasi sulit ataupun menyenangkan, atau situasi sedih dan musibah.

Allah Ta’ala berfirman

{ إِنَّ هَٰذِهِۦٓ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَٰحِدَةً وَأَنَا۠ رَبُّكُمْ فَٱعْبُدُونِ }

“Sesungguhnya (agama Tauhid) ini adalah agama kamu semua; agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku.” (Al Anbiya: 92)

Dari Hudzaifah radliallahu’anhu, dari Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda

مَن لَمْ يهتَمَّ بأمرِ المُسلِمينَ فليس منهم

““barangsiapa yang tidak memperhatikan urusan kaum Muslimin, maka dia bukan golongan mereka” 

من لا يهتم بأمر المسلمين فليس منهم ومن لا يصبح ويمسي ناصحا لله ولرسوله ولكتابه ولإمامه ولعامة المسلمين فليس منهم

“Barang siapa yang tidak peduli dengan urusan kaum muslimin, maka dia bukan golongan mereka, dan barang siapa yang pagi dan sorenya tidak ada nasihat untuk Allah, RasulNya, KitabNya, pemimpinNya, dan umumnya kaum muslimin, maka dia bukan golongan mereka.” (HR Thabrani)

Wahai umat Islam, wahai hamba yang Allah wajibkan atas kalian untuk saling menyayangi dan mencintai serta saling mengasihi dan tolong membantu, saling menguatkan dan menolong, tolonglah saudara-saudara kalian yang lemah dari kalangan anak-anak dan perempuan serta orang-orang tua di Gaza yang diliputi penderitaan dan kesusahan. Tolonglah mereka dengan doa, tolonglah mereka dengan makanan, tolonglah mereka dengan obat-obatan. Penuhilah kebutuhan-kebutuhan mereka, bantulah mereka keluar dari kesulitan, bantulah mereka dengan donasi.

Allah Ta’ala berfirman

{ وَمَآ أَنفَقْتُم مِّن شَىْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُۥ ۖ وَهُوَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ }

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (Saba: 39)

Tolonglah mereka sebab wajib bagi kita memenuhi hak mereka dan menolong mereka.

Telah disebutkan dalam sejarah, satu hal yang patut disyukuri dari kepemimpinan  di Kerajaan ini dari penyelenggaraan KTT OKI yang melahirkan pernyataan yang mengecam serangan Zionis ke Gaza, mengecam genosida yang mereka lakukan terhadap anak-anak, Wanita dan lansia. KTT itu juga menuntut masyarakat internasional agar segera menghentikan perang yang dhalim terhadap Gaza dan sejumlah wilayah di Palestina. Sebagaimana disebutkan dan patut disyukuri di negeri ini pembukaan pintu bantuan dan donasi kemanusiaan yang juga menjadi diserukan oleh KTT ini kepada seluruh negara sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina, dan kepedulian terhadap bangsa Palestina, sehingga ditegakkan keadilan dan kebeperihakan terhadap mereka yang didhalimi.

Dan jika Rabb kita yang Mulia mengatakan

{ وَٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَآءُ بَعْضٍ إِلَّا تَفْعَلُوهُ تَكُن فِتْنَةٌ فِى ٱلْأَرْضِ وَفَسَادٌ كَبِيرٌ}

“Adapun orang-orang yang kafir, sebagian mereka menjadi pelindung bagi sebagian yang lain, Jika kamu (hai para muslimin) tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan Allah itu, niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (Al Anfal: 73)

Tidak ada yang dimiliki oleh penduduk Palestina melainkan Allah lalu umat Islam. Dan tidak ada yang menjaga hak-hak kaum muslimin dari bahaya yang menimpa mereka melainkan ketakwaan mereka kepada Allah Ta’ala serta keimanan kepada Allah.

Allah Ta’ala berfirman

{ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلَّذِينَ ٱتَّقَوا۟ وَّٱلَّذِينَ هُم مُّحْسِنُونَ }

“Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.” (An Nahl: 128)

Barangsiapa yang Allah bersamanya maka tidak ada yang perlu ditakutkan.

Tidak ada yang menjaga muslimin dari kejahatan musuh-musuh melainkan kesabaran dan ketaqwaan kepada Allah Ta’ala.

{ وَإِن تَصْبِرُوا۟ وَتَتَّقُوا۟ لَا يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْـًٔا ۗ إِنَّ ٱللَّهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ }

“Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.” (Ali Imran: 120)

بارك الله لي ولكم في القرآن الكريم ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم ونفعنا بهذا سيد المرسلين وقوله القويم أقول قول هذا وأستغفر الله العظيم الجليل لي ولكم ولسائر المسلمين من كل ذنب إن الله هو الغفور الرحيم

Berpegang teguhlah dengan tali Allah berjama’ah

الحمد لله، الحمد لله منزل الكتاب، مجري السحاب، هازم الأحزاب، نحمده تعالى على فضله ونعمه التي نعلم والتي لا نعلم

أشهد أن لا إله الإ الله وحده لا شريك له، الرحيم التواب وأشهد أن نبينا وسيدنا محمدا عبده ورسوله الشافع المشفع يوم الحساب

اللهم صل وسلم وبارك على عبدك ورسولك محمد وعلى الآل والأصحاب

أما بعد

فاتقوا الله، اتقوا الله بإخلاص الأعمال للوجه الكريم يزكي أعمالكم ويعظك أجوركم ويتولى أموركم

Wahai kaum muslimin,

Berpegang teguhlah kalian seraya berjama’ah dan janganlah kalian berpecah belah. Dan ambillah manfaat dari peristiwa-peristiwa dan ibrah-ibrahnya yang  kalian lalui. Waspadalah umat Islam dari perpecahan dan perselisihan. Wajib atas kalian saling bekerjasama dan bersatu. 

Perpecahan dan perselisihan adalah bahayabahaya bagi agama dan negeri. Adapun persatuan adalah kekuatan dan kemuliaan. Telah berlalu sunnatullah dan rahmatNya bahwa Allah akan memenangkan haq di atas kedhaliman. 

Allah menolong para pemilik keteguhan, kesabaran & keyakinan. Allah Ta’ala berfirman:

{ قُلۡ إِنَّ ٱلۡأَمۡرَ كُلَّهُ لِلّهِ }

“Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya segala urusan itu di Tangan Allah.” (Ali Imran: 154) 

Dan dalam hadits Ahmad & At Tirmidzi dari Ibnu ‘Abbas radliallahu’anhu Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, 

وَاعْلَمْ أنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ، وَأَنَّ الفَرَجَ مَعَ الكَربِ، وَأَنَّ مَعَ العُسرِ يُسراً

“Ketahuilah, bahwa pertolongan itu bersama kesabaran dan kelapangan itu bersama kesulitan dan bersama kesukaran itu ada kemudahan.” 

Allah Ta’ala berfirman

{ یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ ٱصۡبِرُوا۟ وَصَابِرُوا۟ وَرَابِطُوا۟ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ }

“Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” (Surat Ali ‘Imran: 200) 

‘Ibadallah

{ إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَـٰۤىِٕكَتَهُۥ یُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِیِّۚ یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَیۡهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسۡلِیمًا }

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi.Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”  [Surat Al-Ahzab: 56]

فصلوا عليه وسلموا عليه تسليما

اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صيت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد

اللهم بارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد

وصلوا تسليما كثيرا

اللهم ارض عن الخلفاء الراشدين أبي بكر، وعمر وعثعمان وعلي وارض اللهم عن الصحابة والتابعين ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين

وأعنا معهم بمنك وكرمك ورحمتك يا أرحم الراحمين

اللهم أعز الإسلام والمسلمين وأذل الكفر والكافرين والشرك والمشركين ودمر أعداء الدين يا قوي يا متين

اللهم اصنرنا ولا تنصر علينا وامكر لنا ولا تمكر بنا واهدنا ويسر لنا الهدى برحمتك يا أرحم الراحمين

اللهم إنا نسألك الجنة ونعوذ بك من النار وأعذنا من عذاب القر يا رب العالمين وثبتنا على رضوانك حتى نلقاك وأنت راض عنا يا ذا الجلال والإكرام

اللهم أعذنا وأعذ ذرياتنا من شياطين الإنس والجن ومن شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا

اللهم أرنا الحق حقا وارزفنا اتباعه وأرنا الباطل باطلا وارزقنا اجتنابه ولا تجعل ملتبسا علينا فنضل

اللهم ارزقنا علما نافعا وعملا صالحا

وأغننا بحلالك عن حرامك وبطعاتك عن معصيتك وبفضلك عمن سواك اللهم يا ذا الجلال والإكرام، يا ذى العرش العظيم والسلطان القديم، طهر المسجد الأقصى من تسلط الصياهنة عليه

اللهم يا رب العالمين اجعله من أمانك وضمانك من أن يقربه المحتلون المعتدون

اللهم اجعله بجوارك وعزك ومجدك أبدا إلى يوم الدين وطهره من شرك المجرمين،

اللهم انصر أهلنا في غزة وتقبل شهداءهم في عليين صغارا وكبارا ورجالا ونساء

ولا تصلت عليهم الصهاينة الظالمين

اللهم اجعل كيد الصهاينة في قلة وذلة ومكرهم في بوار

اللهم اجعل أهل فلسطين في حمايتك وجوارك

اللهم وفق خادم الحرمين الشريفين لما تحب وترضاه ولما فيه الصلاح والفلاح وأعنه على كل خير

اللهم وفق ولي عهده لما تحب وترضا ولما فيه الصلاح والفلاح وأعنه على كل خير

ووفقهم لما فيه نصرة الإسلام والمسلمين

اللهم واجزهما خيرا على ما يقدمان من الخير للمسلمين

اللهم احفظ بلادنا وحدودنا من شرها الأشرار وكيد الفجار

اللهم اغفر لأمواتنا وأموات المسلمين اللهم إنا نسألك العفو والعافية يا أرحم الراحمين

اللهم أغثنا يا مجيب المظطرين

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

وذكروا الله العلي العظيمَ يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم، ولذكرُ الله أكبرُ واللهُ يَعلَمُ ما تَصنَعُونَ.

Wartawan: توفيق

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.