Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Siswa JTS Meraih Ratusan Medali dan Lima Piala di Kompetisi Debat Bahasa Inggris WSC

Rana Setiawan - Senin, 20 November 2023 - 03:22 WIB

Senin, 20 November 2023 - 03:22 WIB

5 Views

Jakarta, MINA – Sekolah Jakarta Taipei School (JTS) kembali mengikuti kompetisi bahasa Inggris World Scholar’s Cup (WSC) pada tahun 2023 ini. Kompetisi tersebut mencakup debat tim, penulisan esai, dan kuis pilihan ganda menyeluruh dalam enam mata pelajaran.

Dalam keterangan tertulis diterima MINA, Ahad (19/11), JTS berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Tiga rangkaian lomba ini diawali dengan lolos kompetisi tingkat regional Jakarta, dilanjutkan dengan tingkat global di Bangkok, dan puncaknya berhasil menyelesaikan babak final kejuaraan di Yale, Amerika Serikat pada November 2023, dengan meraih 14 medali emas dan 26 perak.

Kompetisi global di Bangkok, diikuti oleh 3.500 peserta dari 40 negara, terdiri dari 400 tim junior/skittles, 700 tim senior.

JTS memperoleh peringkat ke-2 di kategori beregu senior (Lovienna,Raphael,Samuel) dengan total 5 piala, 83 medali emas, dan 76 medali perak dari seluruh tim.

Baca Juga: [POPULER MINA] Eropa Batasi Penjualan Amunisi ke Israel dan Pandangan Hukum ICJ

Prestasi individu, berhasil diraih oleh siswa SMA, Samuel Tristan, peringkat kedua kategori debat individu dan peringkat ketiga dalam kategori Top Scholar dari 2.700 peserta kelompok ini.

Semua tim JTS masuk ke 14% terdepan dan lolos ke babak kejuaraan di Yale, Amerika Serikat yang diselenggarakan pada 2-8 november 2023. Kompetisi di Yale, diikuti oleh 3.900 siswa dari 50 negara.

Dua tim dari JTS, tim junior (Chloe, Anzih, Elaine) dan tim senior (Olivia, Aptana, Natasya, Michelle), berhasil meraih 14 medali emas dan 26 medali perak.

Pada 10 November, siswa JTS juga diundang untuk berpartisipasi dalam kompetisi debat bahasa Inggris di Bina Bangsa School (BBS). Berbekal pengalaman dan semangat, Samuel (G12) dan Raphael(G11) membimbing siswa G10 (Nachelle, Annabel, Fairy, Darren), dan berhasil meraih juara 1 pada kompetisi ini.

Baca Juga: Argentina Sebut Hamas Organisasi Teroris

Sekolah Jakarta Taipei School (JTS) menekankan pengembangan tiga bahasa, yaitu Bahasa Mandarin, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Kepala sekolah, Chang Chin Fu, secara rutin mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam kompetisi bahasa di dalam dan luar negeri.

Berkat kerja keras tim pengajar bahasa Inggris, kemampuan bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini diperlihatkan dalam kemampuan siswa bersaing dengan sekolah-sekolah internasional di seluruh dunia.

Kepala Departemen Bahasa Internasional, Chen Yu An, menyatakan, kemampuan bahasa siswa perlu dibangun sejak dini. Guru Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar, Ms. Yuliana dan Ms. Katitah, mengajar dengan metode yang menarik sehingga mendorong tumbuhnya kepercayaan diri pada anak-anak untuk menguasai bahasa Inggris.

Baca Juga: Donald Trump Ditembak Saat Kampanye di Pennsylvania

Di tingkat SMP, Ms. Emmely menggunakan sistem project dan laporan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan bahasa secara efektif dan fleksibel.

Sementara guru-guru di tingkat SMA, Ms. Anning dan Ms. Roditha, membimbing siswa untuk fokus mengasah keterampilan ujian akademis bahasa Inggris. Semua usaha guru tercermin pada hasil kompetisi siswa yang sangat memuaskan.

Ms. Emmely sebagai pelatih utama, mendampingi para siswa melewati masa latihan yang sulit dan penuh tantangan, meningkatkan kepercayaan para siswa untuk menggali kemampuan berbahasa Inggris.

Melalui ketekuan dan kegigihan pada saat berlatih dan berbagai project kelas, beliau yakin bahwa siswa dengan dasar pengajaran mandarin, juga mampu untuk bersaing dengan siswa dengan dasar pengajaran Bahasa Inggris, bahkan bersaing dengan siswa dari berbagai negara di seluruh dunia.

Baca Juga: Anggota Parlemen Inggris Desak Setop Kirim Senjata ke Israel

Berbagai prestasi yang telah diraih oleh para siswa, tidak lepas dari dukungan pihak sekolah,kepala sekolah, orang tua, guru dan staff yang terlibat dalam kegiatan ini. Apa yang telah didapat menjadi bukti terbaik bagi para siswa untuk memacu semangat meraih pencapaian yang lebih tinggi.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Meta Cabut Pembatasan Akun Facebook dan Instagram Donald Trump

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Internasional
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Kolom
Palestina
Indonesia
Timur Tengah
Khadijah