Spanyol Kecam Tuduhan Israel setelah Madrid Kritik Genosida di Gaza

Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares. (Foto: dok. Press TV)

Madrid, MINA – mengecam Israel yang menuduh Pemerintah Madrid “memberi dukungan terhadap terorisme” setelah Madrid mengkritik Tel Aviv karena membunuh lebih dari 14.000 warga Palestina di Jalur Gaza yang diblokade.

Dikutip dari Press TV pada Sabtu (25/11), Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares mengutuk tuduhan Israel terhadap Perdana Menteri Spanyol dan Belgia dan menyebutnya “tidak dapat diterima”. Dia bersumpah akan “memberikan tanggapan.”

Komentar Albares muncul beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen mengatakan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dan Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo “memberikan dukungan terhadap terorisme.”

Cohen memanggil duta besar kedua negara di Tel Aviv untuk mendapatkan “teguran keras.”

Baca Juga:  Mahasiswa Meksiko Bangun Tenda dan Kibarkan Bendera Palestina di Universitas

Albares menekankan bahwa tuduhan “salah” Israel “sangat serius” mengingat fakta bahwa Spanyol mewakili Uni Eropa sebagai Presiden Dewan UE saat ini, sebuah posisi yang akan diserahkan ke Belgia pada 1 Januari 2024.

Berbicara kepada media Spanyol dalam turnya di Asia Barat, Albares mengkritik “jumlah korban Palestina yang tak tertahankan, termasuk anak-anak” yang terbunuh oleh serangan Israel.

“Hal ini tidak bertentangan dengan pesan yang telah kami ulangi sejak hari pertama… hak untuk membela diri harus disertai dengan penghormatan yang cermat terhadap hukum humaniter internasional,” katanya.

Perdana Menteri Sanchez mengunjungi Israel, Palestina dan Mesir dalam upaya untuk mengakhiri kekejaman Israel terhadap Palestina.

“Kekerasan hanya akan menyebabkan lebih banyak kekerasan. Kita perlu mengganti kekerasan dengan harapan dan perdamaian,” kata Sanchez di perbatasan Rafah sisi Mesir pada hari Jumat (24/11).

Baca Juga:  Kongo Masih Berjuang Bendung Wabah Cacar Monyet

Namun, kunjungannya berakhir dengan perselisihan diplomatik dengan Israel.

Pada hari Jumat, Dewan Kota Barcelona juga menangguhkan hubungan kota tersebut dengan rezim Israel selama rezim Israel terus melanjutkan perang mematikannya melawan Jalur Gaza. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.