STAIN Al-Fatah Jayapura Akan Tandatangani Mou dengan Dua Perguruan Tinggi Negeri di Sudan

Khartoum, 28 Rajab 1438/25 April 2017 (MINA) – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN) Al-Fatah Jayapura, direncakan akan melakukan kerjasama dengan dua perguruan tinggi negeri yang ada di Sudan, yaitu University of The Holy Qur’an and Islamic Science dan University of Bakht Al-Ruda.

Koresponden Kantor Berita Islam MINA di Khartoum Sidiq Mustakim melaporkan, Selasa (25/4), MoU akan dijadwalkan setelah idul fitri atau pada juli pertengahan tahun ini, yang sudah memberikan kesepakatan untuk siap menjalin kerjasama.

“Menurut info yang didapatkan langsung dari rektor Universitas Bakht Al-Ruda- Sudan, Prof. Dr. Gadalla Abdalla Elhassan hari ini, rektor sangat senang dan mengapresiasi rencana kerjasama tersebut,” ujar Sidiq.

Pada awal January 2017 lalu sudah  mengadakan kerjasama  dengan  beberapa Universitas yang ada di Indonesia  seperti Universitas Muhammadiyah Makassar, UIN Raden Intan Lampung termasuk  dengan Pondok Pesantren Islam Al Fatah  yang berpusat  di Bogor, Jawa Barat

Sidiq yang juga menjadi salah satu inisiator tercapainya kerjasama antara STAIN Al-Fatah Jaya untuk Universitas Bakht Al Ruda yang bertempat di Kabupaten Duweim, Provinsi White Nile, Sudan atau sekitar 200 KM dari pusat Ibukota Sudan, yaitu Khartoum.,

“Sementara itu, kerjasama ini  akan mencakup di bidang Pendidikan dan penelitian ilmiah dan kerjasama pengembangan  lainnya antar kedua perguruan tinggi kedua negara tersebut,”ungkapnya.

STAIN Al-Fatah Jayapura adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia yang berada di Jayapura, Provinsi Papua. Didirikan berdasarkan SK Presiden RI No. 78, tahun 2006 pada tanggal  20 Juli 2006 M (25 Jumadil Akhir 1427 H)

“Sebagai salah satu  inisiator  terjalin  hubungan kerjasama dengan Sudan, khususnya dibidang Pendidikan,  adalah merupakan perguruan tinggi dari timur Indonesia yang satu-satunya pertama kali melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Sudan, “ imbuh Sidiq.

Selain itu juga, Universitas Bakht Al-Ruda merupakan salahsatu Universitas Negeri dibawah Kementrian Pendidikan Tinggi & Riset yang berdiri pada tahun 1997, terletak di Provinsi White Nile , Kab. Duwem, Sudan, dengan memiliki 9 fakultas dan 3 lembaga, Institute , dengan mayoritas mahasiswanya dari lokal, namun beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan dengan banyaknya mahasiswa asing yang mendaftarkan di kampus tersebut, khususnya pada Program Pascasarjana bidang Keagamaan dan Ilmu Bahasa Arab, dan Ilmu Manajemen Pendidikan (Tarbiyah) terutama  dari negara-negara di Afrika,Timur Tengah, dan juga dari  Indonesia.

Sedangkan dengan University of The Holy Qur’an and Islamic Science yang juga merupakan dari 37 perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian  Pendidikan Tinggi dan Riset Republik Negara Sudan hingga saat ini.

Kampus ini berdiri secara resmi pada tahun 1990 M. dengan memiliki 11 fakultas dan 8 lembaga serta memiliki cabang diberbagai provinsi di Sudan , dengan kantor utama terletak di Omdurman- Khartoum.

Hingga saat ini jumlah Mahasiswa Mancanegara terutama dari Indonesia Universitas ini tiap tahunnya mengalami pertumbuhan sangat tinggi, terutama melalui program beasiswa program sarjana dari Kementrian Pendidikan Tinggi dan Riset Sudan yang diberikan untuk beberapa Negara, terutama bidang Keagamaan & Ilmu Bahasa Arab dan ilmu bidang lainnya diseluruh  Perguruan  tinggi  yang ada di Sudan.

STAIN Al-Fatah Jayapura dengan Ketua Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag., M.Si, merupakan Pusat Studi Sosial Keagamaan di Tanah Papua yang berlokasi di Jalan Merah Putih, Buper Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura.

“Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Al-Fatah Jayapura mendidik generasi muda Papua untuk membangun bangsa dan hingga saat ini terdapat 3 Fakultas di STAIN Jayapura yang Insya Allah sebentar lagi berubah menjadi  IAIN Al-Fatah Jayapura yaitu: 1. Fakultas Tarbiyah. 2. Fakultas Syariah. 3. Fakultas Ekonomi Bisnis. Sedangkan Untuk Program Pasca sarjana, ada 2 program studi: 1. Magister Pendidikan Islam. 2. Magister Hukum Islam/Syariah,” jelas Sidiq. (L/K02/R07/B05).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)