Sultan Oman Ucapkan Selamat kepada Presiden Assad

Muscat, MINA – Sultan Haitham Bin Tarik dari Oman  mengucapkan selamat kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad atas kemenangannya dalam pemilihan presiden 2021.

Dalam sebuah pesan yang dikirim pada hari Ahad (30/5), Sultan Haitham juga menyampaikan harapan terbaiknya kepada Assad “dalam memimpin rakyat Suriah menuju aspirasi lebih lanjut tentang stabilitas, kemajuan dan kemakmuran.”

Assad memenangkan masa jabatan tujuh tahun keempatnya dalam pemilihan presiden 2021 dengan telak, mengamankan 95,1 persen suara popular, Press TV melaporkan.

Ketua Parlemen Suriah Hamoudeh Sabbagh mengumumkan pada Kamis (27/5), Assad telah sangat memenangkan pemilihan presiden negara itu dibandingkan dengan 88,7 persen pada tahun 2014.

Sultan Haitham adalah pemimpin Arab Teluk Persia pertama yang memberi selamat kepada Assad atas terpilihnya kembali.

Oman mengembalikan duta besarnya untuk Suriah pada Oktober lalu, menjadi negara Teluk Arab pertama yang melakukannya sejak militansi yang didukung asing merebak di negara itu.

Beberapa negara Arab mengupayakan rekonsiliasi dengan Suriah setelah negara itu menang melawan kelompok oposisi bersenjata yang didukung asing.

Pada bulan Desember 2018, UEA secara resmi membuka kembali kedutaan besarnya di Damaskus, ibukota Suriah, yang ditutup segera setelah perang saudara meletus pada tahun 2011. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)