Syarat Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U-17: Poin Fair Play

(Doc. PSSI)

 

Jakarta, MINA – U-17 masih memiliki peluang untuk lolos ke lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Tiket ke 16 besar dari jalur posisi ketiga terbaik sudah diambil Jepang, Uzbekistan, dan Iran. Dari empat tiket itu, sisa satu tiket lainnya harus direbut Indonesia lewat para penghuni posisi ketiga di Grup F dan E.

Indonesia saat ini hanya bisa finis di posisi ketiga Grup A setelah mengoleksi dua poin. Garuda Muda kalah bersaing dengan Maroko dan Ekuador. Demikian catatan Jurnalis MINA, Sabtu (18/11).

Alhasil, Indonesia tinggal berharap tiket dari jalur posisi tiga terbaik. Jalur ini direbutkan oleh enam tim dari masing-masing grup dengan ketersediaan empat tiket.

Sejauh ini ada Meksiko yang duduk di posisi ketiga Grup F dengan satu poin dan Korea Selatan dari Grup E masih nol poin.

Indonesia  harus berharap Meksiko bermain imbang tanpa gol melawan Selandia Baru. Kemudian Korea Selatan imbang berapa pun melawan Burkina Faso.

Jika hal itu terjadi, Korea Selatan dan Burkina Faso cuma menutup fase grup dengan satu poin atau tidak lebih baik dari Indonesia. Kerumitan baru ada di laga Meksiko.

Meksiko bakal punya dua poin andai imbang tanpa gol dengan Selandia Baru. Poin itu sama seperti Indonesia.

Selisih gol kedua negara itu nantinya bakal sama-sama minus 2 dari tiga kali mencetak gol dan lima kebobolan. Dari sisi produktivitas gol untuk mencari yang lebih baik pun tidak akan ada perbedaan.

Syarat akhir yang bisa mengantarkan Indonesia ke 16 besar terkait poin , yang menghitung aspek kartu. Tim besutan Bima Sakti dalam posisi lebih bagus karena cuma punya tiga kartu kuning dan Meksiko sudah enam kartu kuning.

Hitung-hitungan ini bakal langsung tak berlaku jika Meksiko setidaknya imbang melawan Selandia Baru dengan mencetak gol. Seperti 1-1, 2-2, dan seterusnya. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.