Taklim Jama’ah Muslimin di Lembata Sediakan Pelatihan Panah, Berkuda dan Renang

Lembata, MINA – Taklim Wilayah Jama’ah Muslimin (Hizbullah) di Lembata, Nusa Tenggara Timur, menyediakan sarana pelatihan tiga olahraga yang diperintahkan Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasalam, yaitu memanah, berkuda dan berenang.

Imaam Jama’ah Muslimin Yakhsyallah Mansur menyatakan, taklim hari Ahad (28/10) itu adalah yang pertama diadakannya tiga pelatihan secara lengkap.

Amir Jama’ah Muslimin Bekasi Shohidun Ihsan yang hadir di Lembata, mengatakan kepada MINA bahwa Imaam Yakhsyallah sangat kagum dengan sarana pelatihan yang tersedia.

Menurut Shohidun, selama ini baru wacana, tetapi kali ini menjadi kenyataan dan Imaam mengharapkan bisa diikuti oleh Jama’ah Muslimin di wilayah lain.

“Semua (latihan) terlaksana di tepi pantai, baik memanah dan berkuda, berenang langsung di laut,” katanya.

Ia menambahkan, ada dua ekor kuda milik warga yang dipinjam untuk latihan berkuda, lima paket panahan untuk berlatih memanah dan latihan berenang langsung di laut.

Adapun di Bekasi, kata Shohidun, markas Jama’ah Muslimin di sana baru memiliki sarana latihan renang berupa sungai yang mengalir di depan masjid.

Pengadaan ketiga kegiatan latihan tersebut oleh panitia merupakan bagian dari pelaksanaan perintah Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam kepada umatnya.

Tertera dalam sebuah hadits sahih Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah shalallahu alaihi wasalam pernah bersabda kepada para sahabatnya, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (L/RI-1/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)