Tanggul Sungai Jebol, Ketanggungan Brebes Banjir Satu Meter

, MINA – Bencana setinggi satu meter melanda Kota Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (8/1) mulai sekira pukul 20.00 WIB.

Banjir terjadi akibat jebolnya Babakanm memaksa warga mengungsi ke tempat yang aman. Hingga Kamis (9/1) pagi ini warga masih banyak yang mengungsi.

Kepala BPBD Brebes, Nushy Mansur, mengatakan banjir akibat jebolnya tanggul ini merendam kawasan kota kecamatan.

“Selain rumah, jalan jalan raya juga ikut tergenang termasuk pasar,” katanya.

Menurutnya, titik tanggul yang jebol berada di depan Pasar Ketanggungan. Tanggul tersebut jebol akibat tidak mampu menampung volume air sungai akibat hujan deras sejak Rabu sore.

“Lokasinya di depan pasar, berdekatan dengan rumah warga dan jalan raya. Airnya langsung membanjiri jalan jalan raya dan perumahan warga,” terang Nushy.

Akibat dari banjir ini, penduduk yang rumahnya terkena banjir langsung dievakuasi. Mereka dikumpulkan di kantor Koramil Ketanggungan.

Kedalaman banjir di jalan raya mencapai satu meter. Pengguna jalan banyak yang terjebak akibat banjir ini. Terutama pengendara sepeda motor yang harus menuntun kendaraannya karena mesin motor mati.

Sementara banjir yang menggenangi kawasan perumahan, kedalaman air ada yang mencapai 1,5 meter. Hingga pagi Kamis ini belum ada laporan adanya korban, dan juga jumlah kerugian serta jumlah warga yang mengungsi. (L/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.