Tiga Pejabat Tinggi PBB Akan ke Bangladesh Bahas Pengungsi Rohingya

 

Cox’s Bazar, MINA – Tiga pejabat tinggi akan mengunjungi mulai 24-26 April untuk bertemu dengan pejabat-pejabat tinggi Bangladesh dan mempelajari kebutuhan kemanusiaan para pengungsi di Cox’s Bazar.

PBB mengumumkan kunjungan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Filippo Grandi, Direktur Jenderal Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), António Vitorino, dan Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat, Mark Lowcock, dalam sebuah pernyataan, Senin (22/4).

Daily Star menyebutkan, delegasi akan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat senior pemerintah termasuk Perdana Menteri Sheikh Hasina dan Menteri Luar Negeri AK Abdul Momen membahas cara-cara komunitas internasional dapat memberikan dukungan lebih lanjut kepada Bangladesh mengenai masalah pengungsi Rohingya.

Delegasi kemudian akan melakukan perjalanan ke Cox’s Bazar untuk bertemu dengan para pengungsi, menilai persiapan yang sedang berlangsung menjelang musim hujan dan mengunjungi proyek-proyek, termasuk yang melibatkan distribusi makanan dan tempat penampungan.

Mereka juga akan bertemu dengan para pengungsi yang bekerja sebagai sukarelawan, dan mengamati latihan pendaftaran UNHCR-Bangladesh, untuk memberikan kartu identitas kepada semua pengungsi, memastikan akses mereka ke layanan bantuan dan perlindungan serta menetapkan hak mereka untuk kembali ke Myanmar.

“Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menyoroti perlunya melanjutkan dukungan internasional yang kuat untuk respon kemanusiaan untuk Rohingya,” lanjut pernyataan.

Upaya lain termasuk penciptaan kondisi di Negara Bagian Rakhine Myanmar yang akan memungkinkan kembalinya para pengungsi secara sukarela, aman dan bermartabat kepada para pengungsi.  (L/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.