Tim MER-C Tembus Lokasi Bencana Gempa dan Tsunami Palu, Sulteng

, MINA – Tim lembaga kemanusian Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) telah berhasil menembus lokasi bencana bumi dan tsunami di Kota Palu, Selawesi Tengah, Minggu (30/9).

Tim Advance MER-C tersebut berjumlah 4 relawan yang terdiri dari 2 dokter dan 2 perawat yang tiba pukul 7 pagi waktu setempat  setelah menempuh perjalanan darat melalui Poso – Napu – Palu.

Target tim adalah melakukan penilaian awal bencana secara langsung untuk kerusakan infrastruktur pasca bencana, dampak bencana ke makhluk hidup (manusia) dan identifikasi kebutuhan di lapangan.

Ketua Tim Advance MER-C untuk bencana gempa bumi Palu – Donggala, dr. Andi Fajar Wela melaporkan, selain membawa bantuan obat-obatan, di Poso tim menyempatkan membeli bantuan air mineral untuk dibagikan kepada warga karena sulitnya air minum di lokasi bencana.

Diinformasikan juga, mulai Kabupaten Sigi memasuki Kota Palu kondisi listrik masih mati dan di sepanjang jalan terdapat beberapa posko pengungsian.

Setiba di lokasi, Tim MER-C langsung menuju kantor Search And Rescue (SAR) Palu untuk berkoordinasi dan mendapatkan update informasi pasca bencana gempa bumi dan tsunami yang menerjang wilayah Palu, Donggala dan sekitarnya.

Berdasarkan data yang didapat, hingga Minggu pagi pukul 08.23 waktu setempat, korban meninggal mencapai 396 orang, korban luka berat 184 orang, , korban hilang 29 orang dengan konsentrasi masyarakat yang mengungsi tersebar di beberapa titik. Seperti Lombok, serangkaian gempa susulan juga terjadi sebanyak 95 kali.

Sementara itu, setelah bertugas selama 2 bulan di Lombok, pagi ini MER-C juga mengirimkan salah satu armada operasional lapangan kendaraan Ford Ranger Double Cabin dan 3 relawan untuk bergerak ke Palu.

Tim membawa bantuan obat-obatan dan perlengkapan untuk pendirian Posko Kesehatan Lapangan MER-C di lokasi bencana Palu – Donggala. Rute yang akan dilalui adalah Mataram – Surabaya – Makassar – Palu.

Tim lanjutan dan bantuan medis saat ini juga sedang disiapkan di MER-C Pusat Jakarta untuk diberangkatkan pada Senin (1/10). (R/Sj/RS3)

Kepedulian dan bantuan Bapak/Ibu/Sahabat bagi korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala & sekitarnya dapat disalurkan melalui:

BCA, 686.0099339

BSM, 701.5658.899

BNI Syariah, 303.2000.922

Semua rekening atas nama :

Medical Emergency Rescue Committee

Info :

www.mer-c.org

Call Center : 0811990176

FB : MER-C Indonesia

IG : @mercindonesia

#mercpedulipaludonggala#

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sajadi

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.