Tingkatkan Kualitas Penghulu Salah Satu Fokus Revitalisasi KUA

Jakarta, MINA — Subdit Bina Kepenghuluan Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah fokus melakukan peningkatan kualitas . Hal ini merupakan wujud keseriusan dalam menyukseskan yang menjadi program prioritas Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

“Subdit Bina Kepenghuluan fokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) Penghulu dan pembinaan kualitas perkawinan. Penghulu menjadi bagian sangat penting dari program Revitalisasi KUA,” ungkap Kasubdit Bina Kepenghuluan, Anwar Sa’adi di Jakarta, Senin (5/9/22).

Revitalisasi KUA, sambung Anwar, fokus pada tiga program inti. “Peningkatan kualitas sarana prasarana, peningkatan SDM Penghulu, dan peningkatan sistem layanan di KUA,” sambung Doktor Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta ini.

Selain menopang layanan di KUA, tambah Anwar, Penghulu yang berkualitas juga memiliki peran dalam mewujudkan ketahanan keluarga. Ia menegaskan, Penghulu tidak hanya bertugas mencatat pernikahan tetapi juga melakukan serangkaian pembinaan kepada masyarakat.

“Penghulu berperan penting dan strategis dalam mewujudkan keluarga berkualitas, keluarga sakinah, mawaddah, wa rahmah. Keluarga berkualitas memiliki andil besar dalam mewujudkan ketahanan nasional dan stabilitas bangsa,” paparnya.

Anwar berharap melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pembinaan yang diberikan kepada Penghulu secara signifikan meningkatkan kualitas SDM dan layanan. Bimtek yang dihelat dilaksanakan di tingkat pusat dan 34 provinsi.

“Penghulu berperan membidani lahirnya bangsa yang kuat dengan memberikan layanan berkualitas kepada masyarakat,” kata Anwar. (L/R2?P1)

Mi’raj News Agency (MINA)