TNI-Polri Pastikan World Superbike di Mandalika Aman

Mandalika, MINA – Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, ada tiga ribu personel gabungan antara TNI-Polri disiagakan dalam pengamanan event World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah yang dilaksanakan pada 19 hingga 21 November 2021.

Personel gabungan ini disebar di sejumlah titik mulai dari perbukitan hingga di dalam terowongan.

“Ini menjadi bagian dari rencana pengamanan, upaya-upaya yang kita lakukan detail, komprehensif, sinkron dan kolaborasi,” kata Irjen Mohammad Iqbal kepada wartawan.

Selain itu, untuk alur lintas orang ada pemeriksaan di pintu masuk Nusa Tenggara Barat (NTB). Di tempat tersebut orang yang akan masuk harus melewati tahapan-tahapan screening.

“Tentunya dari dua aspek. Pertama gangguan keamanan biar kita yakin tidak ada hal-hal yang mengkhawatirkan dari seluruh penonton yang menuju Mandalika. Dan kedua prokes (bagi penonton) disiapkan ratusan kendaraan dari Dishub untuk menjemput semua penonton yang ada di 5 pintu masuk tersebut dan disana juga berlaku prokes di bus,” ujar Iqbal.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk screening ini juga dilakukan ketika pengunjung memasuki kawasan Ekonomi Ekslusif (KEK) Mandalika. Di mana di lokasi itu ada dua pintu masuk utama. Ada pun untuk screening khusus untuk antisipasi penularan Covid-19.

“Masuk ke KEK Mandalika dilakukan screening lagi, kita yakinkan bahwa sebelum pindah dari shuttle bus kita lakukam screening lagi apabila negatif dan yakin prokes serta variabel gangguan kamtibmas tidak ada masalah dibawah shuttle bus dibawa ke beberapa pintu masuk,” katanya.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) ikut mendorong penguatan ekonomi bersama di destinasi pariwisata Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat(NTB) untuk warga setempat.

“Destinasi pariwisata Mandalika yang telah ditetapkan menjadi program strategis nasional ini tidak hanya dapat menjadi daya tarik wisatawan, namun bisa menumbuhkan ekonomi kreatif yang bisa dinikmati warga setempat,” kata Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkoinfo, Septriana Tangkari melalui keterangannya saat acara Webinar di Mandalika.

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo memberikan arahan bahwa pembangunan dan pengembangan 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) termasuk Mandalika menjadi salah satu program prioritas pemerintah pada 2021.

Presiden Juga menetapkan Mandalika sebagai tuan rumah dalam berbagai penyelenggaraan event internasional, di antaranya World SuperBike (WSBK) 2021, MotoGP 2022, dan L’Etape Indonesia by Tour de France (2022).

Program tersebut diharapkan dapat membantu pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Ekonomi kreatif untuk menjadi lokomotif dalam menciptakan lapangan pekerjaan, terutama untuk sektor yang banyak menyerap dan menggerakkan ekonomi,” katanya. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)