Trump Surati Kim Jong Un

Pyongyang, MINA – Kantor Berita Utara (Korut), KCNA pada Ahad (23/6) merilis pernyataan bahwa Presidennya, menerima surat pribadi dari Presiden AS . Kim mengatakan kepuasannya setelah membaca surat tersebut, namun tidak disebutkan secara rinci tentang isi surat itu.

Sementara itu, belum ada pernyataan resmi dari Gedung Putih atas surat itu, maupun tanggapan terhadap respon Kim Jong Un.

Beberapa pengamat mengatakan, surat itu dikirim menyusul pertemuan  Trump dan Kim di Hanoi, Vietnam, Februari lalu yang membicarakan  program Korea Utara, namun, tidak tercapai kata sepakat dalam pertemuan itu.

Pada pertemuan dengan Kim Kamis (20/6) lalu, Presiden Cina Xi Jinping mengatakan kepada Kim bahwa dunia menginginkan dia untuk membuat kemajuan dalam pembicaraan nuklir dengan AS. Ia menggarisbawahi peran kunci Beijing dalam negosiasi tersebut.

Pemerintah Korea Utara memuji hubungannya dengan sekutu dekatnya itu saat Presiden Xi Jinping mengakhiri kunjungan bersejarah ke Pyongyang. Kim menyebut bahwa persahabatan antara pihaknya dengan China tidak dapat diganggu oleh siapapun.

Korut menegaskan perundingan nuklir dengan Amerika Serikat (AS) ‘tidak akan pernah berlanjut’ kecuali AS mengadopsi pendekatan baru. Korut menyalahkan AS atas kegagalan tercapainya kesepakatan dalam pertemuan yang lalu. (T/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.