Turkiye Laporkan Perkembangan Terkini Terkait Gempa kepada PBB

Ankara, MINA – Pemerintah pada Senin (13/2) di hadapan sidang khusus Dewan Keamanan PBB  melaporkan perkembangan terkini terkait pekan lalu, yang menewaskan lebih dari 31.600 orang di selatan negara itu.

Duta Besar Turkiye untuk PBB Feridun Sinirlioglu memberi informasi terkini tentang dampak gempa bumi, kebutuhan mendesak, upaya bantuan bagi mereka yang terkena dampak dan bantuan internasional, demikian Anadolu Agency.

Sinirlioglu juga berterima kasih kepada komunitas internasional atas solidaritas yang ditunjukkan dengan Turkiye.

Utusan itu juga mengatakan, bahwa bantuan kemanusiaan PBB yang ditujukan untuk wilayah barat laut yang dilanda gempa dan negara-negara lain dapat melintasi gerbang perbatasan Turkiye dan negara itu menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk upaya ini.

Sedikitnya 31.643 orang tewas akibat dua gempa kuat yang mengguncang selatan Turkiye pada 6 Februari.

Gempa berkekuatan M 7,7 dan 7,6 yang berpusat di provinsi Kahramanmaras, mempengaruhi lebih dari 13 juta orang di 10 provinsi, termasuk Hatay, Gaziantep, Adiyaman, Malatya, Adana, Diyarbakir, Kilis, Osmaniye dan Sanliurfa.

Beberapa negara di kawasan itu, termasuk Suriah dan Lebanon, juga merasakan getaran kuat yang mengguncang Turkiye dalam waktu kurang dari 10 jam. (T/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.