UAS Raih Doktor Cumlaude di Omdurman Islamic University, Sudan

Khartoum, MINA – Ulama asal Indonesia Ustaz Abdul Somad (UAS) meraih gelar Doktor Jurusan Hadits di World Research and Studies Institute (IWRSI) Omdurman Islamic University, Sudan, dengan judul disertasi “Kontribusi Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Ashari (1871-1947)
dalam Penyebaran Hadits di Indonesia” dengan nilai cumlaude pada 27 Rabi’ul Akhir 1441 H atau 24 Desember 2019 M di Khartoum.

Ujian Desertasi ini berlangsung lebih kurang hampir tiga jam, yang disaksikan langsung oleh Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea Rossalis Rusman Adenan serta jajarannya, para mahasiswa Indonesia yang ada di Sudan dan undangan lainnya.

Pembimbing Desertasi dalam sidang promosi doktor tersebut adalah Syeikh Dr. Omar al-Ma’ruf Ali. Penguji Eksternal Examiner Syaikh. Dr. Haidar Idrus Ali, Ketua Jurusan Hadits di International University of Africa. Penguji Internal Examiner Syaikh Dr. Iwadh Al-Karim Husain Miraf, Guru Besar Hadist Oumdurman Islamic University.

Baca Juga:  Kuota Terpenuhi, Masyarakat Diimbau Jangan Tertipu Tawaran Berangkat dengan Visa Non Haji

Universitas Islam Omdurman merupakan bagian dari Kementerian Riset dan Perguruan Tinggi Sudan. Kampus ini terbentuk tahun 1901 yang diawali dengan perkumpulan sekelompok ulama dan para pemikir ilmu pengetahuan Sudan yang ingin mendirikan sebuah lembaga Islam, di antaranya Lembaga Studi Islam dan Ilmu Bahasa.

Pada tahun 1912 resmi menjadi sebuah kampus yang kedua di Sudan setelah Universitas Khartoum.

Kampus yang sudah berusia hampir 100 tahun ini memiliki 19 fakultas dan lima pusat penelitian  di dalam maupun di luar Sudan dengan ribuan mahasiswa program sarjana dan pascasarjana, serta telah banyak menghasilkan ulama-ulama tingkat dunia. (L/K02/HD/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Sidik Mustaqim

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments are closed.