UEA Luncurkan Proyek Pembangunan Perpustakaan Terbesar di Timur Tengah

(Foto; IINA)
(Foto: IINA)

, 23 Rabi’ul Akhir 1437 / 3 Februari 2016 (MINA) – Wakil Presiden (UEA), Perdana Menteri, dan Pengusaha Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum meluncurkan proyek untuk pembangunan perpustakaan terbesar di Timur Tengah.

Perpustakaan Mohammed bin Rashid akan dibangun di atas lahan seluas 1 juta meter kubik dengan bangunan tujuh lantai di Al-Jaddaf.

Rencananya, bangunan itu akan dibuka pada 2017 dan akan diisi lebih dari 4,5 juta buku, termasuk beberapa ruang untuk interaksi, acara, kegiatan, festival pendidikan dan kebudayaan.

Perpustakaan juga akan mengadakan beberapa inisiatif budaya dan kognitif, seperti acara “Penghargaan Bahasa Arab Award” senilai 2,4 juta Dirham UEA, baru-baru ini telah diluncurkan untuk membantu masyarakat mengenal identitas Arab mereka, demikian Internasional Islamic News Agency (IINA) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Akan ada juga museum warisan Arab dan sejarah peradaban manusia serta tempat untuk seni dan pameran sastra, inisiatif pelestarian warisan dan teater dengan 500 kursi untuk pekuliahan, seminar dan peluncuran inisiatif intelektual serta budaya regional dan global.

“Kami adalah pemimpin peradaban, tanggung jawab, dan budaya, serta perlu menghidupkan kembali semangat belajar dan rasa ingin tahu dalam budaya kita melalui inisiatif inovatif yang mendorong wilayah kita,” kata Syeikh Mohammed.

Ia mengatakan, hal ini sebabnya mereka memutuskan untuk memulai Tahun Membaca dengan meluncurkan perpustakaan seni dan membiarkan semua orang tahu UEA menjadi pusat budaya dan belajar Arab serta global.

Ia juga berharap perpustakaan yang dinamis, sekaligus mendukung setiap orang menjadi seorang ilmuwan, peneliti atau spesialis.

“Pikiran manusia adalah pusat pengembangan, dan buku adalah alat yang digunakan untuk memperbaharui pikiran. Sebuah bangsa tidak pernah bisa tumbuh tanpa pikiran baru dan hidup, serta memiliki pengetahuan luas,” pungkasnya.(T/M010/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.