Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

UNESCO Putuskan Jericho Palestina Masuk Warisan Dunia

kurnia - Senin, 18 September 2023 - 20:25 WIB

Senin, 18 September 2023 - 20:25 WIB

4 Views ㅤ

Tepi Barat, MINA – Salah satu lembaga PBB, UNESCO memutuskan untuk memasukkan reruntuhan prasejarah di dekat kota kuno Jericho di Tepi Barat yang diduduki sebagai Situs Warisan Dunia di Palestina.

Keputusan itu diambil dalam pertemuan Komite Warisan Dunia PBB yang berlangsung di Riyadh, Arab Saudi pada Ahad (17/9), di bawah naungan UNESCO, sebuah organisasi PBB di bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan.

Jericho terpilih masuk dalam daftar pada sidang ke-45 Komite Warisan Dunia UNESCO. Kota tua Jericho/Tell es-Sultan sudah ada sejak 10.000 SM, dan merupakan salah satu kota tertua di dunia.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan terpilihnya Jericho kuno ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO “merupakan bukti keaslian dan sejarah bangsa Palestina.”

Baca Juga: Militer Israel Mulai Rekrut Siswa Seminari Ultra-Ortodoks

“Palestina berkomitmen melestarikan situs unik ini untuk kepentingan umat manusia,” ujar Abbas.

Keputusan UNESCO itu mendapat kecaman dari Israel. Kementeriaan Luar Negeri Israel mengeluarkan pernyataan yang mengecam keputusan tersebut dengan menyebutnya sebagai taktik yang sinis.

“Kementerian Luar Negeri menganggap keputusan hari ini sebagai tanda lain dari sikap sinis Palestina terhadap UNESCO dan politisasi organisasi tersebut,” kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Al Jazeera, Ahad (17/9).

“Israel akan bertindak bersama rekan-rekannya di organisasi tersebut untuk mengubah keputusan salah yang dibuat,” sambung pernyataan itu.

Baca Juga: Pelabuhan Eilat Israel Bangkrut Akibat Blokade Yaman di Laut Merah

Israel keluar dari UNESCO atas tuduhan bahwa organisasi PBB tersebut memupuk bias anti-Israel, namun Israel mengirimkan delegasi ke pertemuan tahun ini di Arab Saudi.

Israel merebut Tepi Barat, serta Gaza dan Yerusalem timur, dalam perang Timur Tengah tahun 1967. Palestina menginginkan ketiga wilayah tersebut untuk menjadi negara mereka di masa depan.

Berlokasi di 1,5 kilometer utara kota Jericho modern dan 10 kilometer barat laut Laut Mati, kota itu berada 250 meter di bawah permukaan laut di sepanjang Jordan Rift Valley, yang menjadikannya kota kuno terendah di dunia.

Jericho kuno menampilkan warisan budaya yang abadi dan beragam, mulai dari milenium ke-10 SM hingga abad ke-7 era Bizantium, dan masa sebelumnya.

Baca Juga: Lima Sekolah PBB di Gaza Diserang Israel dalam 10 Hari

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan terpilihnya Jericho kuno ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO “merupakan bukti keaslian dan sejarah bangsa Palestina.”

“Palestina berkomitmen melestarikan situs unik ini untuk kepentingan umat manusia,” ujar Abbas. (T/R4/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Israel Masih Cegah Masuknya BBM ke Gaza

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Indonesia
Afrika
Presiden Majelis Umum PBB Dennis Francis. (Hamza Kyeyun/ Anadolu Agency)
Palestina
Palestina